air putih

4 Manfaat Minum Air Putih yang Cukup

Kalimat minumlah air putih 8 gelas sehari mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Sebab, kampanye hidup sehat ini sudah lama dilakukan oleh berbagai pihak. Menurut laman Healthline, tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Sehingga, meminum banyak air putih dalam satu hari sangat disarankan oleh para pakar kesehatan. Memang, apa saja, sih, manfaat dari minum air putih yang cukup? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini!

  1. Membantu memaksimalkan kinerja fisik (tubuh). Manfaat pertama yang akan kamu dapat dari minum air putih yang cukup adalah raga yang sehat dan terhidrasi. Pasalnya, tubuh yang kekurangan cairan (terutama saat sedang berolahraga dan berada di udara panas) akan memengaruhi kontrol suhu tubuh dan membuat tubuh cepat lelah. Untuk itu, memenuhi kebutuhan air tubuh setiap hari dapat membantu kinerja fisik.
  2. Meningkatkan energi dan fungsi otak secara signifikan. Mengutip laman Healthline, kinerja otak sangat amat dipengaruhi oleh tingkatan hidrasi tubuh. Sebab, dehidrasi ringan saja bisa merusak banyak fungsi otak. Satu penelitian pada wanita muda yang kekurangan cairan tubuh bahkan menunjukkan efek berupa gangguan mood dan konsentrasi. Maka dari itu, meminum air putih yang cukup dapat menghindari semua efek samping ini.
  3. Dapat membantu mencegah dan mengobati sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu efek samping dari tubuh yang kekurangan cairan. Melansir Healthline, sebuah penelitian menemukan jika 102 laki-laki yang menambah minum 1,5 liter air per hari berhasil mengurangi gejala-gejala migren. Dengan begitu, dapat disimpulkan jika minum air putih yang cukup bisa juga membantu mencegah dan mengobati sakit kepala.
  4. Dapat membantu mengobati batu ginjal. Batu ginjal adalah gumpalan kristal mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Asupan cairan yang banyak bisa meningkatkan volume urin yang melewati ginjal. Nah, asupan air inilah yang akan membantu pengenceran kristal mineral dalam ginjal tersebut. Maka dari itu, minum air mineral yang cukup dapat membantu pengobatan batu ginjal.

Itu dia 4 manfaat minum air putih yang cukup. Gimana? Apakah sekarang kamu ingin sering-sering memenuhi kebutuhan cairana tubuhmu? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! (AP)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *