makanan manis
Food,  Health

Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Makanan Manis?

Manis merupakan rasa yang disukai banyak orang. Apalagi banyak makanan saat ini yang memiliki cita rasa tersebut dan berhasil menjadi favorit banyak orang. Parahnya lagi, para penggemar makanan tersebut banyak yang tidak melakukan monitor gula darah secara rutin tetapi terus mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Akibatnya, masalah kesehatan terkait gula darah seperti diabetespun akhirnya datang.

Lalu, bagaimana jika penyakit ini sudah terlanjur datang? Apa itu artinya tidak boleh mengonsumsi manis sama sekali?

Ternyata tidak juga, loh! Meskipun penderita diabetes harus sangat menjaga kadar gula darahnya, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Sebab, ada beberapa jenis makanan manis yang tetap boleh Anda konsumsi, yaitu:

  • Buah

Buah-buahan mengandung pemanis alami yang aman bagi tubuh. Gula yang terkandung dalam buah ini adalah jenis fruktosa yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Selain itu, di dalam buah juga terkandung banyak serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya, buah menjadi camilan paling dianjurkan oleh para dokter bagi penderita diabetes. Meskipun begitu, kandungan fruktosa yang terlalu tinggi dianggap dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin yang tentunya bisa memperparah diabetes Anda. Itulah sebabnya, tetap batasi konsumsi buah harian Anda agar tidak berlebihan.

  • Pemanis buatan

“Loh, bukannya pemanis buatan tidak sehat?”. Pasti banyak yang berpikir begitu. Memang benar pemanis buatan tidak sehat, tetapi ada beberapa pemanis buatan yang sudah mengalami berbagai proses pengolahan dan memang ditujukan untuk penderita diabetes. Contohnya adalah sukralosa, stevia, dan lainnya. Berbagai pemanis tersebut dinyatakan aman bagi penderita diabetes karena tidak menyebabkan lonjakan kenaikan kadar gula darah secara mendadak.

  • Gula Merah

Gula merah dianggap lebih baik daripada gula putih karena memiliki indeks glikemin yang rendah, yaitu sekitar 54. Sementara indeks glikemik yang tinggi ketika berada di atas 70. Dengan begitu, gula merah termasuk ke dalam gula yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, perlu diperhatikan bahwa banyak gula merah yang beredar di pasaran saat ini telah dicampur dengan kandungan gula lainnya sehingga tidak lagi sehat. Selain itu, gula merah juga mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga tetap tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Anda tetap bisa mengonsumsi makanan manis meskipun menderita diabetes. Namun, tak hanya makanan manis, penderita diabetes pun aman mengonsumsi pemanis buatan.  Hanya saja, perhatikan jenis yang dikonsumsi dan juga batasi jumlah konsumsinya. Namun, untuk keamanan kesehatan Anda, ada baiknya jika Anda tetap melakukan konsultasi pada dokter Anda terlebih dahulu karena kondisi setip pasien diabetes bisa saja berbeda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *