daging ayam mentah
Health

Ini Cara Mengolah dan Menyimpan Daging Ayam yang Benar

Daging ayam merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6 yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika cara membersihkan dan menyimpannya tidak benar, besar kemungkinan tamu tidak diundang seperti Campylobacter untuk datang dan menjadikan ayam yang akan disantap Anda dan keluarga tempat tinggalnya. Maka dari itu, tidak heran bila banyak yang beralih untuk menggunakan halal canned chicken yang sudah teruji klinis kebersihan dan keamanannya. Namun, jika menggunakan ayam potongan seperti biasa maka Anda harus mengetahui dan memahami dengan benar cara-cara untuk menyimpan daging ayam yang masih mentah. Jika Anda belum mengetahuinya, simak artikel ini yang akan mengulasnya secara lebih jelas.

  1. Sebelum menyentuh daging ayam yang mentah, pastikanlah tangan Anda bersih dari segala kuman. Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum menyentuh daging ayam mentah dan juga peralatan masak secara langsung. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya menggunakan handuk yang kering.
  2. Perlu diketahui bahwa mencuci daging ayam mentah sebenarnya sangat tidak disarankan karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Selain itu, mencuci daging ayam yang mentah bukannya membuat bersih justru malah akan meningkatkan risiko penyebaran bakteri.
  3. Anda juga disarankan memiliki peralatan khusus sendiri untuk menyimpan dan mengolah daging mentah. Hal ini dikarenakan agar bakteri tidak tersebar ke bahan makanan lainnya.
  4. Daging ayam harus dimasak hingga matang dan jangan sampai menyisakan daging yang masih merah atau berwarna merah muda.
  5. Jangan lupa juga untuk memastikan semua bagian ayam diperiksa setelah memasaknya. Anda dapat memotong dan melihat warna cairan yang keluar dari daging ayam tersebut. Jika cairan yang keluar berwarna bening dan juga daging ayam terlihat putih, maka daging ayam sudah matang.
  6. Jika Anda ingin menyimpan daging ayam yang mentah, maka gunakanlah wadah yang bersih dan tertutup dan simpanlah di dalam freezer.
  7. Jika Anda ingin menggunakannya kembali namun kondisinya beku, maka cairkanlah di dalam kulkas daripada mendiamkannya di area dapur.
  8. Daging ayam yang mentah biasanya dapat bertahan selama dua sampai tiga hari, namun jika sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap maka lebih baik untuk tidak mengolah apalagi mengonsumsinya.

Nah, demikianlah sederet tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan dan mengolah daging ayam mentah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *