Mengenal Jenis Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag

Bagi penderita maag kronis, mengonsumsi obat maag kronis yang telaah diresepkan oleh dokter secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Agar, masalah pada lambung tidak semakin parah dan tidak terjadi komplikasi. Namun, bagi seseorang yang sakit maagnya masih tergolong biasa, umumnya mereka tidak akan pergi ke dokter untuk mengobati masalah tersebut. Sebab, saat ini juga sudah banyak obat maag yang beredar dipasaran dan aman serta ampuh untuk mengatasi masalah lambung.obat

Namun apakah mengonsumsi obat maag terus menerus itu aman? Tetap saja, yang namanya obat harus Anda waspadai. Anda tidak boleh sembarangan saja mengonsumsinya tanpa tahu jenis dan fungsinya. Agar Anda tidak sampai salah memilih obat, berikut ini adalah beberapa jenis obat untuk mengatasi sakit maag yang bersumber dari situs klikdokter:

  • Antasida

Obat dengan jenis antasida merupakan salah satu obat maag yang paling mudah ditemukan. Harganya juga cukup terjangkau dan aman untuk dikonsumsi. Obat ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung, dan mengandung alumunium serta magnesium. Obat ini bekerja dengan meningkatkan pH lambung dan menurunkan asam lambung. Itulah sebabnya, obat ini hanya boleh dikonsumsi saat gejala sedang kambuh.

  • Reseptor H2 Antagonis (H2RA)

Obat ini bekerja dengan cara mengendalikan reseptor yang menerima sinyal agar memproduksi asam lambung. Akibatnya, produksi asam lambung dan juga gas akan menurun. Namun, obat ini sebaiknya hanya dikonsumsi dengan resep dokter karena dapat menimbulkan beberapa efek samping.

  • Proton Pump Inhibitor (PPI)

Obat ini bekerja dengan menghambat sel-sel penghasil asam lambung, sehingga produksi asam lambung akan menurun. Obat ini tidak diperjualbelikan secara bebas dan membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya, karena beberapa efek samping yang bisa timbul.

  • Antibiotik

Sama halnya dengan antibiotik pada umumnya, obat ini juga berfungsi untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Jadi, obat ini hanya boleh dikonsumsi jika lambung mengalami infeksi akibat bakteri, dan harus dalam pengawasan dokter.

  • Prokinetik

Obat ini mengatasi gejala maag dengan melancarkan atau mempercepat proses pencernaan makanan. Obat ini umumnya tidak dikonsumsi sendiri, tetapi dikombinasikan dengan obat maag lainnya.

  • Suspensi oral (Agen Antidiare)

Sesuai namanya, obat ini akan bantu mengatasi diare yang seringkali diderita oleh penderita maag. Selain itu, obat ini juga mampu melapisi dan melindungi dinding lambung agar tidak luka karena asam lambung. Namun, manfaat obat ini hanya bersifat sementara.

Nah, setelah Anda mengetahui jenis-jenis dan efek dari setiap jenis obat maag di atas, ada baiknya jika Anda lebih waspada saat memilih obat yang ingin dikonsumsi ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *