Ritual Tahun Baru di Korea

Setiap negara memiliki ritual – ritual tersendiri ketika merayakan acara tahun baru. Salah satunya yaitu Korea yang memiliki ritual unik di Asia untuk menyambut tahun baru. Paket tour ke Korea  pun laris manis ketika memasuki waktu ini.

erikut adalah beberapa ritual dan festival yang dirayakan di Korea Selatan untuk merayakan pergantian tahun.tahun baru di korea

  1. Bosingak Bell Pavilion

Jika anda berada di Seoul pada malam pergantian tahun, anda akan mendengarkan bell Bosingak yang berada di daerah Jongno-gu. Bell ini akan dibunyikan sebanyak 33 kali selama malam pergantian tahun disertai dengan bunyi kembang api di sekitarnya. Sejarahnya, pada masa Dinasti Joseon (1392 – 1910), lonceng ini digunakan untuk mengumumkan waktu dan penutupan gerbang kota (Gerbang Sungnyemun, Gerbang Sukjeongmun, Gerbang Heunginjimun, dan Gerbang Donuimun).

  1. Melihat Matahari Terbit

Setelah puas dengan pertunjukkan kembang api dan mendengarkan lonceng Bosingak, pada umumnya warga Korea akan pergi menuju daerah pesisir timur untuk melihat matahari terbit yang pertama pada tahun yang baru. Konon warga Korea percaya jika anda menyaksikan matahari terbit pertama maka anda akan dikaruniai oleh kesehatan dan rejeki yang banyak sepanjang tahun itu.

  1. Ice Fishing di Bulan Januari

Mungkin istilah Ice Fishing baru pertama kali anda dengar. Kegiatan inti dari Ice Fishing ini sendiri adalah memancing ikan di sungai yang beku, dan pada umumnya menggunakan tangan kosong dan tanpa alat apapun. Pada perayaan ini anda juga dapat mencoba berbagai kuliner musim dingin di sekitar perayaan festival di Hwacheon, daerah provinsi Gangwon-do.

  1. Festival Salju Gunung Taebaek

Sempatkan lah untuk menghabiskan waktu dan merayakan festival salju di gunung Taebaek ketika anda berada di Korea Selatan. Anda bisa mencoba berbagai macam kegiatan dan aktivitas seperti trekking, sleding menggunakan kereta yang ditarik oleh beberapa Siberian Husky, dan memahat salju.

Perlu diketahui bahwa Korea Selatan merayakan Tahun Baru yang sama dengan tradisi imlek, yaitu pada bulan Februari. Perayaan tahun baru ini lebih dikenal dengan sebutan Seollal. Pada perayaannya, tradisi yang biasa dilakukan adalah penghormatan dari anggota keluarga yang lebih muda atau anak – anak kepada orang tuanya. Sama seperti imlek, pada perayaan Seollal ini anggota keluarga berkumpul dan merayakannya dengan cara makan Bersama – sama dirumah menyantap masakan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *