kembang api

Tetap Kumpul-kumpul saat Tahun Baru? Risiko Ini Perlu Dipertimbangkan!

Kumpul-kumpul bersama sahabat di saat tahun baru memang menyenangkan. Tapi, di saat pandemi seperti sekarang ini, kamu tentu harus mempertimbangkan banyak hal demi mencegah risiko terjadinya penularan virus COVID-19. Sekalipun kamu sudah menggunakan masker saat kumpul-kumpul atau bahkan melakukan tes antigen hingga PCR, tapi risiko penularan tentu tetap masih ada.

Untuk itu, pertimbangan dahulu risiko-risiko ini saat kumpul-kumpul tahun baru bersama sahabat untuk mencegah penularan, di antaranya: (source: hipwee.com)

  1. Protokol kesehatan tidak dijalankan dengan ketat

Demi memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, kamu disarankan untuk melakukan vaksinasi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Misalnya, mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan lainnya. Namun, yang jadi persoalan adalah apakah pada saat kumpul bersama dengan sahabat protokol kesehatan ini bisa kamu jalankan dengan ketat?

Sebab, pada saat kumpul-kumpul, kamu pasti tidak bisa menjaga jarak dan saat makan kamu pun secara bersamaan melepas masker. Belum lagi ada paham saling percaya pada sahabat, “toh, ketemu sahabat sendiri, gak bakal bawa viruslah”. Inilah yang dapat meningkatkan risiko penularan virus.

  1. Menularkan virus kepada anggota keluarga

Tanpa disadari mungkin saja saat pulang ke rumah, kamu menularkan virus kepada anggota keluarga tercinta. Apalagi, jika kamu tidak langsung mengganti pakaian yang digunakan atau tidak mandi setelah dari luar, tentu risiko penularan virus akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkanlah lagi acara kumpul-kumpul dengan sahabat karena bisa meningkatkan risiko penularan virus dan tanpa disadari bisa menularkan pada orang terdekatmu.

  1. Terjadi lonjakan kasus seperti tahun baru 2020

Berkaca pada tahun 2020 lalu, data kasus COVID-19 melonjak tajam setelah tahun baru dan natal. Di mana, pada bulan Desember 2020, kasus konfirmasi harian COVID-19 masih berada di angka 5.000. Namun, pasca tahun baru, kasus pun menjadi 14.500.

Nah, jika kamu nekat kumpul-kumpul dengan sahabat, tentu risiko peningkatan kasus akan semakin mudah terjadi. Oleh sebab itu, yuk, tunda dahulu kumpul-kumpulnya supaya tidak terjadi kenaikan kasus.

Selain ketiga risiko di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko lainnya, di antaranya yaitu:

  • Bisa terpapar virus COVID-19 sekalipun hanya bertemu dengan sahabat tercinta.
  • Peningkatan penularan karena munculnya virus varian yang lebih ganas dari sebelumnya.
  • Pandemi bisa berlangsung lebih lama lagi sehingga membuat aktivitas dan rencana menjadi tertunda bahkan bisa gagal.

Itu dia risiko yang akan muncul jika kamu tetap nekat kumpul-kumpul bersama sahabat di saat tahun baru. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *