Ambroxol untuk bayi
Health

Ini Dia Dosis Penggunaan Ambroxol Yang Benar Berdasarkan Usianya

Ambroxol merupakan obat batuk berdahak yang dipercaya ampuh dapat mengencerkan lendir pada batuk berdahak yang menggangu tenggorakan dan juga saluran pernapasan. Memang kita akan dengan mudah menemukan obat ini di Apotik. Tetapi meski begitu untuk mengkonsumsinya harus menggunakan resep dokter supaya tidak akan munculnya efek samping yang tidak diinginkan. Di Apotik harga dari Ambroxol untuk batuk berdahak ini sangatlah bervariasi mulai dari yang sirup, tablet, ataupun yang jenis drop.

Ambroxol untuk bayiYang mengalami batuk berdahak ternyata tidak hanya orang dewasa saja, karena batuk berdahak ini juga banyak dialami anak anak. Lalu muncullah sebuah pertanyaan apakah anak anak yang mengalami gangguan batuk berdahak aman mengkonsumsi ambroxol? Ambroxol bisa mengatasi batuk berdahak pada anak anak mulai dari bayi hingga yang berusia dewasa. Tetapi yang perlu diperhatikan pada saat akan mengkonsumsi Ambroxol ini adalah harus menggunakan resep dokter, hal ini penting dilakukan supaya anak terhindar dari efek samping penggunaan obat tersebut.

Jenis dari Ambroxol ini sangat bervariasi mulai dari yang tablet, sirup, drop, dan HCL. Ambroxol sirup merupakan salah satu obat yang paling disukai oleh masyarakat karena dipercaya dapat mengencerkan lendir dan juga ampuh meredakan batuk yang berdahak. Harga Ambroxol Drop lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Dan Ambroxol HCL lebih aman untuk dikonsumsi anak anak karena adanya beberapa kandungan didalam obat tersebut yang berbeda dari jenis Ambroxol lainnya.

Harga dan dosis dari kesemua jenis Ambroxol itu berbeda beda. Untuk menghindari adanya efek samping dari penggunaannya maka perlu mengetahui dosis penggunaan Ambroxol yang benar berdasarkan usianya dibawah ini :

  1. Usia Dibawah 2 Tahun

Berdasarkan ukuran dosisnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi anak usia bayi adalah Ambroxol jenis HCL. Tetapi untuk menggunakannya tetap harus menggunakan resep dokter. Untuk penggunaan Ambroxol untuk bayi dapat dikonsumsi sebanyak 2 kali didalam sehari. Harga Ambroxol HCL ini memang tidak akan jauh berbeda dari Ambroxol paten yang dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 15.000.

  1. Usia 2 Hingga 5 Tahun

Sedangkan jika anak sudah berusia 2 hingga 5 tahun maka disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak 3 kali didalam sehari. Tetapi pastikan sebelum menggunakan obat ini, memeriksakan anak terlebih dahulu ke dokter sehingga nantinya akan mendapatkan resep dokter. Kemudian  kamu bisa membeli obat Ambroxol generic yang paten ataupun yang generic. Ambroxol generic dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya puluhan ribu saja.

  1. Usia 6 Hingga 12 Tahun

Bagi anak yang telah menginjak usia 6 hingga 12 tahun maka dapat mengkonsumsi obat ini sebanyak 3 kali didalam sehari. Dan yang harus diperhatikan adalah sebelum menggunakannya harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter, sehingga nantinya tidak akan munculnya efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Usia Diatas 12 Tahun

Bagi mereka yang telah dewasa atau berusia lebih dari 12 tahun maka penggunaan obat Ambroxol ini dikatakan cukup aman. Meski begitu sebelum menggunakannya terlebih dahulu harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep dokter sehingga nantinya tidak akan menyebabkan efek samping yang mengganggu kesehatan tubuh.

Itulah dosis penggunaan Ambroxol yang benar berdasarkan usianya. Dengan mengetahui dosis penggunaan Ambroxol maka diharapkan tidak akan ada efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *