alergi
Health

Mengenal Alergi dan Sistem Kerjanya?

Pasti Anda sudah sering mendengar kata “alergi” bukan? Apalagi bagi Anda yang mengalaminya sendiri dan sudah sering mengajukan Allianz Klaim asuransi milik Anda untuk berobat saat alergi datang. Namun ternyata, masih banyak loh yang belum benar-benar paham apa itu alergi? Biasanya, mereka hanya tahu bahwa alergi adalah sesuatu yang menyebabkan seseorang mengalami reaksi tertentu, seperti gatal, sesak napas, bengkak, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.alergi

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita bahas lebih detail, apa sih alergi?

Menurut situs alodokter, alergi merupakan reaksi tubuh terhadap sesuatu yang dianggap asing, baik itu sebenarnya adalah sesuatu yang aman maupun berbahaya. Alergi sendiri bisa muncul ketika tubuh kita mengalami kontak berupa sentuhan terhadap alergen (penyebab munculnya alergi), maupun saat alergen masuk ke dalam tubuh. Seringkali, alergen sebenarnya hanya sesuatu yang bersifat aman bagi orang lain, tetapi tidak bagi penderita alergi.

Menurut situs klikdokter dan alodokter, dalam kondisi normal atau bukan penderita alergi, tubuh hanya akan membentuk atau memproduksi antibodi bernama Imunoglobulin E (IgE) untuk melawan zat berbahaya dari luar yang masuk atau mengalami kontak dengan tubuh. Namun, penderita alergi akan membentuk imun ini saat tubuhnya terkena kontak dengan alergen, meskipun sebenarnya alergen tersebut bukanlah zat berbahaya. Beberapa contohnya, gigitan nyamuk, udara dingin, telur, kacang, dan sebagainya. Ketika kontak terhadap alergen ini terjadi secara berulang, maka tubuh akan melepaskan senyawa kimia dalam tubuh yang bernama histamin, dan inilah saat dimana gejala alergi akan muncul.

Sayangnya agak sulit untuk mendiagnosis alergen pada setiap orang. Sebab, ada banyak sekali jenis alergen yang umum di masyarakat, sehingga untuk mengetahuinya harus dilakukan pengujian satu per satu. Namun, untuk seseorang dengan beberapa kondisi berikut akan lebih rentan terkena alergi, yaitu:

  • Keluaarga langsung memiliki riwayat penyakit asma
  • Keluarga langsung memiliki riwayat alergi
  • Menderita asma
  • Kurang terpapar sinar matahari
  • Lahir caesar

Untuk Anda atau jika ada keluarga Anda yang memenuhi kondisi di atas, ada baiknya jika lebih waspada. Segera periksakan ke dokter jika menemukan adanya keluhan setelah terpapar zat tertentu atau mengonsumsi suatu makanan tertentu. Siapa tahu saja, tanpa Anda sadari, zat atau makanan tersebut adalah alergen bagi Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *