jepang

Bisakah Keliling Jepang Tanpa JR Pass?

Ketika mencari-cari informasi seputar tempat wisata di Tokyo di Google, kemungkinan besar kamu akan mendapat panduan mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan transportasi umum. Informasi lain yang mengikutinya adalah rekomendasi membeli JR Pass sebagai tiket transportasi umum terintegrasi dan tidak terbatas sebelum kamu menginjakkan kaki di negeri ini. Tapi sebenarnya perlu gak sih membeli JR Pass? Dan kira-kira bisa, nggak, sih kalau kamu melancong di Jepang tanpa JR Pass?

Kalau mau tahu jawabannya, baca ulasan lengkapnya di sini, yuk!

Bisa, inilah opsinya

Mulai Oktober 2023, tiket JR Pass mengalami kenaikan pesat. Hal ini membuatnya menjadi tidak seekonomis dulu; terutama bila kamu tidak berencana berpindah-pindah dari satu kota besar ke kota besar lain setiap harinya. Oleh sebab itu, berikut adalah opsi lain dari membeli JR Pass yang bisa kamu coba:

    • Tiket Shinkansen sekali jalan. Menaiki Shinkansen jadi salah satu bucketlist kamu saat di Jepang? Tenang, kamu tetap bisa mencobanya meski tidak membeli JR Pass, yaitu dengan membeli tiket Shinkansen sekali jalan. Opsi ini menjadi pilihan cukup ekonomis kalau kamu berencana mengunjungi satu atau dua kota selain Tokyo yang menjadi tujuan utamamu.
  • Tiket Regional JR Pass. JR Pass umum (mencakup seluruh Jepang) mengakomodasi 6 regional se-Jepang. Karena itu, harganya akan cukup mahal buat beberapa orang. Nah, kalau kamu hanya berencana untuk explore salah satu bagian Jepang saja, misalnya region Tokyo dan sekitarnya, kamu bisa membeli JR East Pass yang bisa dipakai dari Tokyo sampai Shin-Aomori.
  • Kereta lainnya. Jepang punya banyak sekali opsi kereta api. Selain Shinkansen, masih ada variasi kereta lain yang menawarkan harga tiket yang relatif lebih murah atau diskon yang menarik untuk tiket terusan. Salah satunya adalah Seishun 18 Ticket (青春18きっぷ) yang dijual dengan harga JPY 12.050 (kurang lebih Rp1,2 juta) untuk 5 kali penggunaan; entah 5 hari perjalanan tidak berurutan untuk satu orang, 1 hari perjalanan untuk 5 orang, atau kombinasi keduanya.
  • Bus. Kalau kamu going for a budget, bus adalah pilihan paling tepat untuk berkeliling Jepang tanpa JR Pass. Di samping punya harga jual yang lebih murah dibanding kereta berkecepatan tinggi maupun kereta biasa lainnya, naik bus untuk berkeliling Jepang juga tidak dikenakan biaya tambahan pemilihan kursi. Kamu juga tidak perlu repot-repot transit di stasiun untuk pergantian kereta. Pun jika memilih bus malam, kamu tidak perlu menginap di hotel atau menghabiskan uang untuk membeli camilan di perjalanan.

Gimana? Ternyata ada banyak, kan, opsi berkeliling Jepang tanpa JR Pass? Semoga informasi di atas berguna untukmu, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.