Pereaawatan wajah
Beauty,  Health

Amankah Melanjutkan Penggunaan Skin Care Jika Kulit Terasa Perih?

Jika ditawarkan paket perawatan di klinik kecantikan terbaik di Indonesia, pasti hampir semua perempuan ingin mencobanya. Sayangnya, banyak yang belum memiliki kesempatan karena faktor biaya ataupun tidak sempat meluangkan waktu. Namun, bukan berarti mereka yang tidak melakukan perawatan di klinik jadi mengabaikan kesehatan kulitnya. Hanya saja biasanya mereka lebih memilih perawatan yang sesuai dengan kemampuan mereka, salah satunya yaitu dengan menggunakan skin care.

Ya, penggunaan skin care untuk merawat kulit memang menjadi pilihan banyak orang. Namun pernahkah Anda mengalami masalah kulit yang terasa perih saat menggunakan sebuah produk skin care? Saat mengalaminya, ada beberapa orang yang memilih untuk langsung mengganti produknya dengan brand lain karena takut akan efek sampingnya. Namun, banyak juga yang tetap melanjutkan karena merasa ini adalah hal yang wajar.

Lalu, manakah yang sebaiknya dilakukan? Apakah segera menghentikan atau tetap melanjutkan penggunaannya? Berikut ini penjelasannya.

Rasa perih yang datang terjadi karena adanya reaksi akibat kandungan pH yang lebih rendah dibandingkan dengan pH alami kulit. Selain itu, kandungan retinoid pada produk skin care memang bisa menimbulkan rasa perih. Namun, kondisi ini umumnya hanya terjadi sesaat pada awal pemakaian. Misalnya, Anda baru mencoba sebuah brand tertentu dan biasanya tidak menggunakannya. Atau, brand yang biasa digunakan sudah mengubah formulanya sehingga terjadi reaksi baru pada kulit wajah Anda.

Semakin hari, rasa perih akan mulai berkurang atau bahkan menghilang karena ketahanan kulit sudah semakin kuat. Jika perih seperti ini yang Anda alami, maka tidak masalah untuk melanjutkan pemakaiannya. Namun, Anda harus segera menghentikan pemakaian skin care tersebut jika:

  • Rasa perih terus muncul meskipun sudah dipakai cukup lama
  • Rasa perih disertai dengan berbagai gejala lain seperti rasa terbakar, kulit mengelupas, dan sebagainya
  • Produk yang digunakan tidak mengandung retinoid ataupun jenis produk yang seharusnya tidak menimbulkan rasa perih

Jika rasa perih pada kulit terjadi seperti yang telah disebutkan di atas, maka ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena reaksi alergi. Agar kondisi kulit tidak semakin parah, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter kulit jika diperlukan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *