Persiapkan Hal Ini Sebelum Berwisata ke Luar Negeri

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Itulah sebabnya, bukan hal yang aneh jika banyak wisatawan asing yang senang menghabiskan waktu liburannya di negara ini. Apalagi saat musim-musim tertentu, banyak travel tour yang menyediakan promo paket tour dengan harga yang cukup murah. Meskipun begitu, bagi warga negara Indonesia sendiri berlibur ke luar negeri justru lebih menarik. Perbedaan suasana, gaya hidup, tradisi, dan berbagai hal lainnya membuat liburan ke luar negeri jauh lebih menarik daripada sekadar berlibur di negeri sendiri.grand palace

Memang, ada banyak pengalaman baru dan seru yang akan Anda dapatkan dengan berlibur di luar negeri. Sebuah pengalaman lain yang tidak akan Anda dapatkan selama berlibur di Indonesia. Namun, agar kegiatan wisata Anda berjalan lancar, ada baiknya Anda mempersiapkan berbagai hal penting berikut ini:

  • Informasi pembuatan visa

Setiap negara memiliki aturan yang berbeda dalam pembuatan visa. Misalnya saja seperti visa Jepang yang hanya membutuhkan waktu singkat dan tidak membutuhkan berbagai persyaratan rumit selama Anda menggunakan e-passport. Atau, visa Amerika Serikat yang harus membayar biaya pengajuan minimal 12 bulan sebelum jadwal wawancara. Artinya, jika Anda ingin ke Amerika, Anda harus merencanakannya sejak jauh hari. Selain masalah waktu, Anda pun penting mengetahui tips pengajuan visa ke Amerika Serikat agar cepat disetujui. Sayang kan jika Anda sudah bayar tapi kemudian pengajuan visa malah ditolak?

  • Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan sangat penting terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda ke negara tersebut. Dalam rencana perjalanan, wajib Anda masukkan tempat wisata yang akan dituju, rute atau transportasi yang digunakan, perkiraan lama perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, dan perkiraan biaya (transportasi dan tiket masuk). Ini akan membantu Anda memperkirakan waktu dan juga biaya yang dibutuhkan selama berlibur. Memang, kemungkinan besar akan ada jadwal atau kegiatan yang tidak sesuai dengan itinerary yang sudah dibuat, tetapi dengan adanya itinerary ini akan menjadi dasar kegiatan Anda selama berwisata. Sehingga lebih mudah bagi Anda mengatur waktu dan juga keuangan.

  • Penginapan

Pesan penginapan jauh hari sebelum keberangkatan. Ada baiknya Anda lebih waspada dan benar-benar memeriksa review sebelum menentukan hotel tempat menginap, apalagi jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit. Sebab, cukup banyak oknum nakal yang membuat penginapan palsu dan memasarkannya kepada wisatawan. Akibatnya, tidak hanya mengalami kerugian materi karena penginapan yang sudah dipesan ternyata tidak ada, tetapi juga kerugian waktu dan tenaga karena Anda harus mencari penginapan lain saat sudah sampai di negara tujuan.

  • Informasi mengenai negara yang akan dikunjungi

Pelajari baik-baik negara yang akan Anda kunjungi, dari segi kebiasaan warganya, cuaca (untuk menentukan jenis pakaian yang akan dibawa), dan berbagai hal lainnya.

Ingatlah baik-baik, pada saat Anda berwisata ke luar negeri Anda akan membawa nama negara Anda. Artinya, jika Anda membuat ulah di negara orang, maka nama Negara Indonesia juga akan ikut menjadi buruk di mata dunia. Jadi, jaga perilaku dan jadilah wisatawan yang bertanggung jawab! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *