wisata bersama keluarga

5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Shanghai

Kota Shanghai memang bukan ibu kota negara Tiongkok. Akan tetapi, wilayah seluas 6.341 km persegi ini adalah daerah perkotaan terpadat di Tiongkok dan dunia, sekaligus merupakan satu-satunya kota di Asia Timur dengan PDB yang lebih tinggi dari ibu kota negaranya, Beijing. Kombinasi antara pusat keuangan, bisnis dan ekonomi, penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata, budaya dan transportasi global membuat Shanghai menjadi salah satu kota tujuan wisatawan mancanegara.

Kalau kamu juga punya rencana mengunjungi kota ini suatu hari nanti, berikut adalah beberapa tujuan wajib yang harus kamu singgahi!

  • The Bund. Secara harfiah, Bund (atau Wai Tan) berarti ‘tanggul’. Dengan panjang sekitar 1,2 kilometer, The Bund atau Wai Tan adalah kawasan legendaris di tepi barat Sungai Huangpu di Shanghai. Kawasan ini terkenal lantaran bangunan-bangunan megah bergaya arsitektur kuno khas Eropa di sisi barat area pejalan kaki dan gedung-gedung pencakar langit di sisi timur (seberang sungai). Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat matahari terbit.
  • Qibao di pinggiran barat Shanghai adalah sebuah kota perairan kuno seluas 21,3 kilometer persegi. Menurut sejarah, Qibao sudah ada sejak abad-10 dan terkenal karena makanan kaki limanya yang lezat juga pemandangan kanalnya yang indah. Kalau kamu ingin mengitip Tiongkok kuno di Shanghai, Qibao adalah tujuan paling tepat buatmu!
  • Kalau kamu pencinta seni kontemporer, maka M50 atau Moganshan 50 adalah persinggahan wajib selanjutnya buatmu. Soalnya, distrik ini merupakan pusat seni kontemporer bagi lebih dari 120 galeri seni, studio, dan museum terbaik kota; termasauk ShanghArt Gallery—salah satu galeri seni kontemporer pertama di Tiongkok. Menurut Culture Trip, distrik ini sering dibandingkan dengan Distrik Seni 798 di Beijing atau SoHo di New York. Di sini, kamu bisaa melihat banyak grafiti yang sangat fotogenik.
  • Nanjing Road Pedestrian Street. Jalan Nanjing atau Nanjing Road Pedestrian Street dulunya merupakan pusat kehidupan Kota Shanghai. Sekarang, jalan panjang ini menjadi pusat perbelanjaan untuk turis maupun warga lokal Shanghai. Kalau kamu ingin berbelanja atau sekadar berfoto-foto di salah satu ikon kota ini, maka berkunjung ke Jalan Nanjing adalah sebuah kewajiban!

Gimana? Apakah ada satu atau lebih destinasi di atas yang paling ingin kamu kunjungi? (AP)

Leave a Comment

Your email address will not be published.