anak naik pesawat

Persiapkan Hal Ini Saat Mengajak Anak Naik Pesawat

Beberapa anak akan merasa bahagia dan bersemangat saat diajak naik pesawat untuk pertama kalinya. Bahkan saat masih berada di Hotel di Bandara Jakarta tempat menginap sebelum keberangkatan, anak sudah ribut ingin segera pergi ke bandara. Atau mungkin anak sampai sulit tidur karena terlalu bersemangatnya.

Sayang, ketika dalam perjalanan terkadang suasana atau kondisi yang tidak sesuai bayangannya justru membuat anak merasa tidak nyaman dan akhirnya rewel. Memang, dibandingkan dengan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak rewel di pesawat, antara lain:

  • Ruang gerak yang terbatas karena jarak antar seat biasanya cukup sempit
  • Tidak bisa berjalan-jalan di lorong sepanjang perjalanan
  • Bosan karena tidak banyak yang bisa dikerjakan
  • Telinga terasa tidak nyaman akibat perubahan tekanan

Lalu, bagaimana ya caranya agar anak tidak rewel saat perjalanan? Tentunya Anda sebagai orangtua harus melakukan persiapan dengan baik sebelum melakukan perjalanan, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Untuk anak yang masih bayi atau batita, Anda bisa minum dalam jumlah yang cukup agar anak bisa menelan sesuatu selama perjalanan. Anda juga bisa membuat anak merasa tenang dengan menyusuinya (untuk anak yang masih usia ASI).
  2. Jika anak sudah cukup besar, Anda bisa menyiapkan camilan atau permen yang bisa dikonsumsinya selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan minum dalam jumlah yang cukup. Cara pertama dan kedua ini dapat bantu mengatasi rasa tidak nyaman pada telinga anak akibat perubahan tekanan dan juga memastikan perut anak tidak kosong serta tidak dehidrasi.
  3. Pada saat anak tiba-tiba rewel, Anda sebagai orangtua tidak boleh panik apalagi sampai memarahi anak. Jika anak masih terlalu kecil, coba ubah posisi anak agar merasa nyaman dan usahakan agar anak tidur. Namun, jika anak sudah cukup besar Anda bisa coba mengalihkan perhatiannya dengan berbagai hal di sekitarnya, seperti melihat pemandangan dan sebagainya.
  4. Pastikan kebersihan anak terjaga dengan mengganti pampers anak (untuk anak yang masih menggunakan pampers) sebelum penerbangan. Sementara untuk anak yang sudah tidak menggunakan pampers, Anda bisa mengajaknya ke toilet sebelum penerbangan. Sebab bisa saja anak rewel karena ingin ke toilet tetapi merasa tidak nyaman dengan toilet pesawat.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa benda favorit anak, seperti buku cerita atau mainan. Namun ingat, bawalah dalam jumlah secukupnya karena jika terlalu banyak justru bisa membuat anak merasa tidak nyaman akibat ruang geraknya semakin sempit oleh barang-barang. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *