sensory play
Education,  Parenting

Mengajak Anak Bermain dengan Sensory Play, Ini Dia Manfaatnya!

Sangat banyak cara yang dapat membuat kecerdasan si kecil untuk terstimulasi. Salah satunya adalah dengan mengajaknya ke tempat wisata edukasi dan bermain anak. Namun membawanya untuk bepergian setiap saat pastinya tidak mungkin untuk dilakukan para orang tua yang bekerja setiap harinya. Cara lain yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan mengajaknya bermain menggunakan sensory play. Sensory play itu sendiri adalah segala bentuk permainan yang dapat merangsang alat indera anak, mulai dari indera penglihatan, peraba, penciuman, perasa, pendengaran hingga indera vestibular atau keseimbangannya. Manfaat yang didapatkan dari sensory play ini sendiri cukup banyak, berikut diantaranya.

  1. Membantu anak untuk mengenal lingkungannya

Aktivitas sensory play dapat membantu si kecil untuk memahami lingkungan dengan stimulasi langsung. Anak akan lebih mudah untuk mengenal lingkungannya dengan melihat, mendengar atau merasakan langsung objek yang ada. Sebagai contohnya adalah dengan mengenalkannya ke berbagai jenis binatang secara langsung. Dengan cara ini si kecil akan lebih mudah untuk membedakan anjing, kucing hingga ayam pada saat mendengar suaranya.

  1. Menstimulasi motorik halus dan motorik kasar

Sensory play juga dapat merangsang kecerdasan motorik, baik itu halus maupun kasar. Sensory play seperti play dough, slime, atau pasir pantai akan memacu si kecil untuk melakukan gerakan tangan yang baik untuk menstimulasi otot-otot halusnya. Sedangkan untuk motorik kasar, orang tua dapat mengajak bermain yang menggunakan fisik seperti bermain lempar tangkap.

  1. Melatih kemampuan fokus dan konsentrasi

Manfaat sensory play yang lainnya adalah membantu anak untuk menjadi lebih fokus dan konsentrasi. Apalagi jika benda-benda yang ditemui memiliki bentuk dan warna yang unik, yang tidak pernah ditemui oleh si anak sebelumnya. Dengan ini, si kecil akan menjadi lebih atentif dan tumbuh rasa ingin tahu saat mendapatkan pengalaman baru.

  1. Meningkatkan daya ingat anak

Ketika anak belajar hal baru, akan mudah baginya untuk mengingat beragam hal jika melibatkan alat inderanya. Hal ini dikarenakan stimulasi pada alat indera yang dapat memberikan efek lebih besar pada bagian otak anak.

Itu dia beberapa manfaat yang didapatkan dari mengajak anak bermain dengan sensory play yang melibatkan semua indranya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *