anak bermain gadget
Education

Anak Kecanduan Gadget, Berikut Kiat-kiatnya!

Membuat anak senang memang menjadi salah satu keinginan dan kepuasan tersendiri untuk para orang tua. Namun, tidak mungkin kan bila kita mengajaknya ke tempat hiburan di Jakarta dengan frekuensi yang sering? Apalagi ditambah dengan keharusan kita para orang tua untuk bekerja setiap harinya. Salah satu hal yang biasa dilakukan orang tua untuk membuat anaknya senang dan terhibur selama berada di rumah adalah gadget. Tidak dapat dipungkiri lagi jika kemajuan teknologi pada masa ini memang berkembang sangat pesat hingga generasi muda dan kecil pun sudah mulai terjun untuk menggunakannya.

Namun, tidak jarang didapatkan beberapa anak yang sudah sangat terlena dan kecanduan dengan gadget hingga tidak memiliki keinginan untuk bersosialisasi dan bergerak dengan aktif yang sangat berpengaruh untuk pertumbuhannya. Para orang tua pun juga pasti terkadang sudah memutar otaknya untung menjauhkan anaknya dari gadget, mulai dari cara baik-baik hingga cara paksa. Maka dari itu, simak artikel ini untuk mengetahui kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk menghentikan anak dari kecanduan gadget.

  1. Menjadi contoh yang baik

Sebelum melakukan kontak langsung dengan anak, mulailah dari diri Anda terlebih dahulu. Perkataan yang menyatakan bahwa anak belajar dari lingkungannya dan menjadikan orang tuanya sebagai role model-nya memang benar. Mungkin saja anak Anda mencontoh kegiatan yang memang sering Anda lakukan, sering menggunakan gadget adalah salah satunya. Maka dari itu, kurangilah penggunaan gadget di depan anak Anda

  1. Bersikap tegas

Terkadang anak yang sudah kecanduan dapat membuatnya suka marah-marah dan sangat sulit untuk dihadapi. Namun Anda harus tetap ingat bahwa Anda adalah yang lebih berkuasa di sini. Anda harus bersikap tegas untuk membatasi waktu yang digunakan anak untuk bermain gadget. Jangan sampai Anda merasa kasihan karena mendengar rengekan anak yang menginginkan gadgetnya. Memang memberhentikan anak untuk bermain gadget akan sangat sulit jika dilakukan dengan tiba-tiba namun cara yang paling ampuh adalah dengan mengurangi waktu bermainnya agar sedikit demi sedikit si anak terbiasa.

  1. Minta pertolongan dokter

Jika semua yang Anda telah lakukan tidak dapat memperbaiki kelakuan dan amukan si kecil yang merengek untuk mendapatkan jam bermain dengan gadgetnya sudah tidak bisa Anda toleransi lagi malah membuatnya semakin menjadi-jadi, Anda dapat meminta bantuan dokter. Dokter akan membantu untuk menenangkan si kecil dan memperbaiki perlakuannya terhadap orang-orang di sekitarnya.

 

Itu di beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk memperbaiki kebiasaan buruk si kecil yang kecanduan dengan gadget. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *