flow meter Industri
Industry

Pentingnya Mengukur Aliran Gas dan Cairan Pada Industri

Setiap proses yang ada pada sebuah industri pastilah memiliki peran yang sangat penting. Ketika ada satu saja yang bermasalah, maka pasti akan memengaruhi kegiatan operasional. Salah satunya yaitu penggunaan flow meter Indonesia untuk mengukur aliran gas maupun cairan selama proses produksi terjadi.

Ya, setiap industri khususnya yang bergerak di bidang produksi barang memang pasti membutuhkan alat tersebut. Namun, pernahkah Anda berpikir seberapa besar pengaruh pengukuran aliran gas dan cairan terhadap sebuah industri? Jika Anda penasaran, berikut ini adalah manfaat dan pentingnya pengukuran tersebut, yaitu:

  • Pengaturan biaya

Dalam proses produksi, jumlah gas maupun cairan tertentu sudah diatur sesuai dengan kebutuhan pada setiap bagiannya. Ketika ada bagian yang mengalirkan gas atau cairan dalam jumlah berlebihan, hal ini tentu akan berpengaruh pada biaya produksi. Misalnya saja ketika cairan bahan bakar yang digunakan untuk operasional mesin mengalir melebihi dari jumlah yang telah ditentukan, maka bahan bakar akan lebih cepat habis. Akibatnya, Anda harus membelinya kembali sebelum waktunya.

  • Kualitas produk

Setiap bagian dalam proses produksi akan mempengaruhi kualitas dari barang yang dibuat. Termasuk juga ketika adanya masalah pada jumlh aliran gas ataupun cairan. Baik jumlahnya lebih sedikit maupun lebih banyak, tetap saja akan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.

  • Keselamat kerja

Keselamatan kerja menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam sebuah industri, khususnya pada bagian produksi. Sebab pada bagian ini, dampak dari kecelakaan kerja bisa berakibat fatal. Sayangnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja, salah satunya yaitu aliran gas ataupun cairan yang tidak sesuai (biasanya lebih besar) daripada yang seharusnya. Akibatnya komponen akan mengalami kebocoran akibat tidak mampu menahan tekanan. Padahal, gas dan cairan yang dialirkan seringkali merupakan gas ataupun cairan kimia berbahaya.

Dengan menggunakan flow meter sebagai alat untuk mengukur aliran gas dan cairan, Anda akan lebih mudah mendeteksi ketika ada aliran yang tidak sesuai dengan jumlah seharusnya. Namun tentunya, untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda harus menggunakan flow meter yang berkualitas. Sebab jika flow meter yang digunakan tidak berkualitas sehingga pengukurannya tidak tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang salah dan ketigaa dampak di atas bisa saja Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *