asuransi mobil
Insurance

Wajibkah Memiliki Asuransi Kendaraan? Ini Penjelasannya!

Meski memberikan banyak keuntungan, sayangnya masih banyak saja pengendara yang beranggapan jika memiliki asuransi kendaraan dengan premi asuransi terjangkau tidaklah begitu penting. Mengingat, asuransi tersebut akan sangat jarang sekali digunakan, terlebih kalau hanya berkendara di sekitar komplek perumahan atau dari rumah ke kantor. Padahal, anggapan seperti ini salah besar karena asuransi kendaraan justru melindungi kendaraan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Tidak hanya itu, dengan adanya asuransi jenis ini, Anda juga akan semakin terbantu secara finansial serta tidak akan pusing lagi memikirkan biaya untuk perbaikan ketika kendaraan Anda lecet maupun rusak parah akibat kecelakaan. Di samping itu, dengan memiliki asuransi kendaraan ini, Anda pun bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bentuk perlindungan terhadap kerusakan

Anda tentu tidak akan bisa menjamin mobil Anda akan baik-baik saja saat dikendarai. Berbagai risiko seperti kerusakan, misalnya, akan sangat mungkin sekali terjadi sekalipun Anda sudah sangat hati-hati dalam berkendara. Meski nantinya kerusakan yang dialami tergolong ringan, namun untuk memperbaikinya tentu membutuhkan dana yang lumayan, terlebih kalau rusaknya parah.

Kondisi seperti inilah yang dijamin oleh pihak asuransi, di mana setiap kerusakan yang terjadi pada mobil Anda akan mendapat ganti rugi dari perusahaan asuransi. Seluruh biaya perbaikan, diganti langsung oleh pihak asuransi dengan besaran pergantian tergantung pada polis yang Anda ambil. Dengan begitu, Anda pun tentu tidak perlu lagi khawatir memikirkan uang perbaikan bila sewaktu-waktu mobil Anda rusak.

  1. Perlindungan atas risiko kehilangan

Untuk bisa membeli sebuah mobil, Anda tentu mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan jumlahnya pasti fantastis, yakni puluhan hingga ratusan juta rupiah. Melihat besarnya uang yang harus dikeluarkan ini, Anda tentunya ingin memberikan perlindungan terbaik untuk mobil Anda. Sementara itu, di luar sana, berbagai kasus pencurian mobil pun masih merajalela dan bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi salah satu korbannya.

Nah, di sinilah pentingnya peran asuransi kendaraan, jika mobil Anda dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka perusahaan asuransi akan menanggung kerugian dengan memberikan uang ganti rugi untuk mobil Anda. Untuk jumlahnya sendiri tergantung kepada berapa nilai taksir mobil tersebut di pasaran. Meskipun tidak seberapa, adanya ganti rugi ini tentu akan sangat membantu Anda.

  1. Perlindungan kerusakan yang dialami pihak ketiga

Ketika mengalami kecelakaan, bukan tidak mungkin Anda malah melibatkan pihak ketiga. Yang mana, kejadian seperti ini akan membuat Anda membutuhkan dana yang besar untuk melakukan perbaikan, tidak hanya untuk kendaraan sendiri namun juga untuk kendaraan pihak ketiga. Jumlah yang harus dikeluarkan tentu tergantung pada seberapa parah kerusakan yang dialami. Semakin parah kerusakan, tentu dana yang harus dikeluarkan pastinya akan semakin besar pula.

Jika Anda memiliki asuransi kendaraan, Anda tentu bisa bernapas lega karena nantinya pihak asuransi langsung menanggung semua kerugian yang dialami, termasuk kerugian pihak ketiga. Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan berupa uang ganti rugi untuk perbaikan kendaraan tersebut.

  1. Memberi ketenangan dalam berkendara

Dengan adanya asuransi kendaraan ini, maka saat Anda berkendara maka pikiran pun menjadi lebih tenang dan tidak perlu was-was memikirkan risiko yang mungkin terjadi pada saat berkendara. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada kendaraan Anda, maka nantinya langsung mendapatkan perlindungan sekaligus tanggungan dari perusahaan asuransi.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda sangat disarankan untuk membuat asuransi kendaraan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *