flow meter
Industry

4 Tipe Flow Meter dan Penggunaannya

Flow meter Indonesia merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dibidang kesehatan, bisnis, dan sebagainya. Namun, meskipun sudah banyak digunakan dan mungkin Anda adalah salah satunya, ternyata banyak loh yang tidak mengetahui namanya. Hanya tahu bentuknya saja. Flow meter memiliki berbagai fungsi dan jenis. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang alat tersebut dan juga tipenya.

Sesuai dengan namanya, alat ini remang sebuah alat yang digunakan untuk mengukur aliran seperti cairan, gas, dan sebagainya. Namun, banyak juga yang memberi nama lain pada alat ini bergantung pada industri yang menggunakannya, atau tergantung pada yang diukurnya. Misalnya seperti liquid meter yaitu nama yang digunakan pada alat untuk mengukur cairan. Meskipun namanya berbeda, tetapi fungsi utamanya tetap saja sama.

Jika Anda tertarik untuk membelinya, ada baiknya jika Anda mengetahui tipe atau jenis dari alat ini terlebih dahulu. Sebab, meskipun memiliki fungsi yang sama, jika Anda membeli tipe yang salah maka alat tersebut tidak bisa berfungsi maksimal.

Ada 4 tipe flow meter berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu: (Source: litremeter.info)

  • Positive displacement flow meters: Ini merupakan satu-satunya alat pengukur cairan yang mengalir langsung melalui alat ini. Prosesnya yaitu melalui menahan kantong cairan di antara komponen yang berputar di dalam ruang bertekanan tinggi.
  • Inferential flow meters: Alat ini tidak mengukur volume, massa, dan kecepatan. Melainkan mengukur aliran cairan dengan menyimpulkan nilainya dari parameter terukur lainnya. Misalnya seperti tekanan diferensial.
  • Velocity flow meters: Pengukuran dengan alat ini dilakukan dengan mengukur aliran cairan yang mengalir pada pipa dengan kecepatan aliran yang mengalir untuk menentukan volume aliran.
  • Mass flow meters: Alat ini sering juga disebut dengan Inertial Flow Meter. Pengukuran dilakukan dengan mengukur laju aliran massa cairan ketika bergerak melewati titik tetap selama unit waktu tertentu.

Setelah mengetahui tipe-tipe dari flow meter di atas, Anda bisa menentukan jenis yang paling sesuai untuk Anda. Semoga bermanfaat ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *