polis asuransi
Economy,  Financial

Pentingnya Asuransi Kesehatan Indonesia

Asuransi Kesehatan Individu merupakan suatu keniscayaan bagi masyarakat Indonesia hingga saat ini. Masalah kesehatan merupakan suatu yang urgen bagi bangsa Indonesia ini terlebih dengan populasi jumlah penduduk sebagai peringkat keempat di dunia. Pemerintah saat ini telah membuat berbagai kebijakan kesehatan termasuk program asuransi kesehatan yang menyeluruh bagi semua masyarakat.

Meski menjadi harapan utama pemerintah dalam menjamin kesehatan setiap warganya, pelaksanaan program asuransi kesehatan sampai saat ini masih banyak menuai respon positif maupun negatif dari masyarakat. Terkadang masyarakat mengeluhkan mengenai sistem pelayanan kesehatan, bukannya kenyamanan dan kelancaran fasilitas kesehatan yang dirasakan tetapi kerumitan sistem dan kesulitan masyarakat saat mengajukan pelayanan kesehatan menjadi salah satu alasan utama. Meskipun banyak sekali pro kontra serta kontroversi masalah asuransi kesehatan di Indonesia, namun ketika masyarakat jatuh sakit ataupun kecelakaan tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi kesehatan ini sangatlah membantu.

Beberapa alasan mengenai pentingnya asuransi kesehatan yaitu:

  • Kondisi kesehatan tidak dapat diprediksi. Mungkin kita bisa saja beranggapan tubuh kita memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, namun pada dasarnya tetap saja kesehatan tubuh kita tidak dapat diprediksi.
  • Rencana strategis dalam pengelolaan keuangan. Dalah hal ini asuransi kesehatan berfungsi ketika anggota keluarga Anda membutuhkan biaya pengobatan di saat Anda sedang krisis keuangan. Jika dalam kondisi tersebut Anda memiliki asuransi kesehatan tentunya Anda tidak perlu khawatir dengan uang yang Anda kelurkan karena asuransi kesehatan yang akan membiayai pengobatan.
  • Anda membutuhkan jaminan kesehatan. Dengan adanya asuransi Anda tidak perlu khawatir akan pelayanan serta masalah keuangan saat keadaan Anda kritis dan asuransi akan menjamin kesehatan Anda dengan kepastian perolehan pelayanan kesehatan di unit pelayanan kesehatan.

Jika sudah demikian, tidak diragukan lagi betapa pentingnya asuransi kesehatan bagi masyarakat. Asuransi kesehatan memiliki implikasi lebih bagi hidup Anda. (Raer).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *