kloset jongkok
Health

Keunggulan dari Kloset Jongkok yang Tidak Banyak Diketahui

Jika membicarakan tentang kamar mandi, jenis kloset yang langsung muncul di benak Anda pastinya adalah kloset duduk. Memang, kamar mandi di rumah-rumah perumahan strategis di Cibubur biasanya sudah dilengkapi dengan kloset duduk karena pasalnya, kloset jenis ini dianggap lebih bersih dan modern karena modelnya yang dapat Anda sesuaikan dengan tema rumah Anda. Namun, kenyamanan yang diberikan oleh jenis kloset ini ternyata tidak lebih menyehatkan dibandingkan dengan kloset jongkok yang biasanya dianggap sangat tradisional. Kloset jongkok memang masih sering digunakan di beberapa rumah maupun fasilitas umum di negara ini. Tanpa Anda sadari, jenis kloset jongkok ini sebenarnya lebih baik untuk Anda. Untuk mengetahui kenapa kloset jongkok lebih disarankan untuk digunakan, simak artikel ini lebih lanjut. (source:dekoruma) 

  1. Terbukti oleh penelitian

Dov Sikirov, dalam jurnal Digestive Diseases Sciences membuktikan bahwa berjongkok atau duduk saat di kloset dapat membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar. Hal ini dikarenakan usus besar, dimana feses disimpan ditekan ke atas oleh otot puborectalis yang menjaga agar feses tidak mengalis keluar sampat saatnya dibuang. Ketika menggunakan kloset dengan jenis duduk, otot yang tak berkontraksi atau tidak menekan hanyalah sebagian.

  1. Direkomendasikan oleh dokter

Ketika buang air besar, dokter sangat amat menyarankan untuk menggunakan kloset jongkok dibandingkan kloset duduk. Hal ini ditujukan untuk mengurangi risiko masalah usus yang sering dialami karenanya. Penyakit pencernaan dipercayai diakibatkan oleh duduk dan mengejan di kloset duduk. Biasanya, masalah ini dimulai dari kesulitan buang air besar yang membuat kita untuk harus mengejan dengan tenaga maksimal. Tidak hanya itu, bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan saat di kamar mandi dengan kloset duduk, maka semakin besar pula kemungkinan kita untuk terkena wasir atau pembengkakan pembuluh darah di dalam anus.

  1. Dianggap lebih higienis

Di luar dari unsur kesehatan, kloset jongkok juga dianggap lebih higienis dibandingkan dengan kloset duduk. Hal ini dikarenakan tidak adanya kontak langsung antara tubuh dengan kloset yang sudah diduduki oleh orang yang berbeda-beda. Selain itu, penggunaan kloset jongkok juga dapat melatih kekuatan kaki.

 

Itu dia beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan saat menggunakan kloset duduk dibandingkan kloset jongkok. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *