membeli mobil bekas
Otomotif

Pastikan Hal Ini Saat Membeli Mobil Bekas

Harga mobil dari tahun ke tahun memang melejit menjadi lebih tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang rela untuk membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru dan menggunakan asuransi mobil untuk keamanannya dalam jangka waktu yang panjang. Namun untuk membeli mobil bekas itu sendiri pastinya ada rasa was-was yang bermunculan karena faktanya mobil tersebut sudah digunakan oleh orang lain yang kita sendiri tidak tahu bagaimana perlakuannya kepada kendaraannya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir oleh hal itu karena seharusnya mobil-mobil bekas yang dipajang sudah diperbaiki dan dirawat dengan baik sehingga masih dalam keadaan sempurna dan layaknya mobil baru. Nah, untuk memastikan bahwa mobil bekas yang Anda pilih masih pantas untuk dibeli kembali, simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli mobil bekas.

  1. Catatan servis lengkap

Service record sangat penting untuk Anda miliki karena Anda harus mengetahui seberapa sering mobil tersebut diservis dan di bengkel mana mobil ini diservis hingga beberapa hal-hal mengenai servis mobil lainnya. Jangan sampai Anda membeli mobil bekas dengan catatan servis yang tidak lengkap apalagi tidak adanya catatan servis.

  1. Kelengkapan dokumen

Jangan hanya kondisi mobil saja yang diperhatikan, namun kelengkapan dokumen seperti STNK, BPKB dan faktur juga harus diselidiki keasliannya. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobilĀ built-up, tanyakan Form A mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk mencocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat.

  1. Cek eksterior, interior dan juga aksesoris lainnya

Lakukanlah pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari bagian luar mobil untuk memastikan mobil mulus dan bebas dari goresan lalu teliti juga keadaan interior mobil dan aksesorisnya. Jangan sampai mobil yang Anda beli kekurangan aksesoris mobil yang seharusnya ada. Cek juga fungsi AC, audio, lampu, wiper dan yang lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

  1. Cek mesin

Tidak hanya bagian-bagian yang terlihat saja yang harus diperhatikan. Bagian mesin yang amat penting ini juga harus diperhatikan dengan teliti. Jika diperbolehkan, Anda akan sangat disarankan untuk melakukan test drive.

Itu dia beberapa aspek-aspek yang harus diperhatikan selama pemilihan mobil bekas untuk Anda beli. Semoga bermanfaat! (Dinar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *