Patung Jenderal Soedirman

Mengenal Sejarah Patung Jenderal Sudirman di Jakarta

Banyak jalan utama di Jakarta yang dihiasi oleh berbagai patung. Tentu saja, patung-patung tersebut tidak dibuat secara sembarangan dan memiliki maknanya masing-masing. Salah satunya adalah patung Jenderal Soedirman yang berdiri tegak di jalan dengan nama yang sama. Lokasi penempatannya yang berada di jalan utama membuat patung ini bisa langsung terlihat oleh Anda yang sedang dalam perjalanan menuju hotel daerah Sudirman Jakarta atau Anda yang bekerja di area ini.

Seperti yang telah disebutkan, semua patung yang ada di jalan utama Jakarta memiliki sejarah, termasuk juga patung Jenderal Soedirman. Penasaran dengan sejarahnya? Yuk, langsung kita bahas!

Jenderal Soedirman merupakan salah satu pahlawan dan sosok yang sangat dihormati di Indonesia. Pada masa penjajahan dulu, Jenderal Soedirman ikut berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan memegang peran penting dalam berbagai kegiatan, bahkan berhasil menjadi orang kepercayaan Soekarno. Salah satu peran pentingnya yaitu memimpin perang gerilya melawan Belanda, padahal saat itu kondisinya sedang menderita sakit yang cukup parah, yaitu TBC hingga membuat paru-parunya rusak. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangatnya untuk berjuang agar kedaulatan Indonesia sebagai negara yang merdeka diakui, dan usaha tersebut tidak sia-sia.

Begitu besarnya jasa Jenderal Soedirman untuk kemerdekaan Indonesia maka tidaklah mengherankan jika namanya terus dikenang dan dijadikan sebagai nama jalan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jakarta. Tidak hanya itu, patung Jenderal Soedirman juga dibuat untuk menghormati jasanya.

Namun, pernahkah Anda bertanya, jika patung tersebut dibuat untuk menghormati jasanya, lalu mengapa patung tersebut justru dibuat sedang hormat?

Menurut anggota keluarganya yang dikutip dari situs detik, ternyata keluarganya ingin agar patung tersebut dibuat sesuai dengan karakter dari Jenderal Soedirman. Meskipun beliau adalah sosok yang dihormati, tetapi sebenarnya Jenderal Soedirman tidak menginginkannya. Beliau justru lebih ingin menghormati siapapun tanpa terkecuali, terutama rakyatnya. Itulah sebabnya, patung ini dibuat dengan gestur seperti itu. Namun tentu saja, banyak pro dan kontra terkait gestur patung ini. Sosoknya sebagai panglima besar yang berjasa besar bagi Indonesia dianggap tidak layak jika harus hormat pada orang yang lalu lalang melewati jalan ini. Meskipun begitu, patung ini tetap berdiri dengan tegap hingga saat ini.

Patung ini dibuat oleh seorang pematung dari Bandung bernama Edi Sunaryo dan diperkirakan menghabiskan dana mencapai 6,6 miliar rupiah. Patung ini memiliki tinggi 11 meter jika dihitung secara keseluruhan, dengan tiang penyangga setinggi 5,5 meter dan tinggi patung 6,5 meter. Bahan atau material yang digunakan untuk pembuatan patung ini yaitu perunggu dengan berat mencapai 4 Ton.

Hingga saat ini, masih cukup banyak warga Jakarta maupun luar Jakarta yang menyempatkan diri untuk berfoto dengan patung ini jika kondisinya memungkinkan. Selain di Jakarta, patung Jenderal Soedirman juga dibangun di berbagai wilayah lain di Indonesia, bahkan di negara lain seperti Jepang. Betapa bangganya Indonesia memiliki tokoh penting yang dihargai tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri. Luar biasa sekali, kan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *