Segitiga Bermuda

Fenomena Segitiga Bermuda yang Misterius

Pernahkah kamu mendengar istilah segitiga bermuda? Saat ini istilah tersebut seruing digunakan untuk menyebutkan sebuah area dengan bentuk segitiga yang menyimpan banyak misteri. Umumnya misteri yang terjadi berkaitan dengan hilangnya benda atau sesuatu lainnya secara misterius.

Namun, tahukah kamu sejarah dari segitiga bermuda itu sendiri?

Legenda Segitiga Bermuda

Menurut situs history, segitiga bermuda (bermuda triangle) merupakan mitos yang ada pada salah satu area Samudera Atlantik, tepatnya berbatasan dengan Miami, Bermuda, dan Puerto Rico. Di area inilah, banyak terjadi hal misterius seperti menghilangnya kapal maupun pesawat yang melintas di area tersebut padahal cuaca sedang dalam keadaan yang baik. Tidak hanya itu, kapal dan pesawat tersebut bahkan tidak mengirimkan pesan bahaya sebelum kemudian menghilang secara misterius.

Misteri mengenai segitiga bermuda ini tidak lepas dari legenda yang melekat. Masih berdasarkan situs yang sama, legenda mengenai daerah tersebut dimulai sejak laporan dari Christopher Colombus yang menyatakan adanya nyala api yang besar. Saat itu Christopher sedang dalam perjalanan pertamanya menuju ke dunia baru. Menurutnya nyala api tersebut akibat dari jatuhnya meteor. Tidak hanya itu, Christopher juga menyatakan bahwa kompas tidak dapat berfungsi sempurna ketika berada di area tersebut.

Tragedi USS Cylops

USS Cylops
Image from History Navy

Banyak kasus kapal menghilang di area tersebut setelahnya. Namun, yang membuat area tersebut kemudian sangat terkenal berbahaya adalah ketika tragedi yang melibatkan kapal USS Cyclops terjadi pada tahun 1918. Kapal ini merupakan kapal angkatan laut Amerika Serikat dengan tinggi mencapai 542 kaki yang menghilang begitu saja tanpa jejak di area tersebut. Banyak yang kemudian bertanya, bagaimana mungkin kapal sebesar itu menghilang begitu saja? Apalagi tidak pernah ditemukan puing apapun yang menunjukkan keberadaan kapal tersebut.

Namun, mitos mengenai hilangnya kapal ini secara misterius di segitiga bermuda kemuan dibantah melalui film dokumenter yang tayang di Channel 5 pada tahun 2018 lalu. Melalui film dokumenter ini, disebutkan beberapa fakta yang akan mengungkap misteri hilangnya kapal ini.

Berdasarkan film dokumenter ini yang ditulis dalam situs express.co.uk, kapal ini memiliki sebuah penyebab yang kuat mengapa bisa sampai hilang. USS Cylops merupakan kapal khusus angkatan laut Amerika Serikat dan berfungsi untuk mengangkut ribuan ton batu bara yang akan digunakan sebagai bahan bakar kapal uap angkatan laut lain di tengah perjalanan. Ketika perang dunia ke-1, USS Cylops bergabung dan ikut serta dalam perang.

Kapal ini kemudian ditugaskan mengangkut lebih dari 10.000 ton bijih besi dari Barbados ke pabrik baja di Baltimore dengan rute melewati segitiga bermuda. Muatan tersebut jelas sudah melebihi kapasitasnya yang hanya mampu mengangkut beban ribuan ton.

Menurut film dokumenter tersebut, setelah dilakukan penyelidikan pada dokumentasi kapal tersebut, ditemukan bahwa kapal tersebut mengalami masalah mesin dan juga overload. Berdasarkan dokumentasi tersebut, diperkirakan USS Cylops hanya berjalan dengan satu mesin dan bukan dua mesin. Hal inilah yang diperkirakan menjadi penyebab hilangnya kapal tersebut.

Tragedi USS Cylops hanyalah satu dari sekian banyak kapal dan pesawat yang menghilang di area ini. Banyak juga awak kapal atau pilot pesawat yang mengalami masalah lain seperti tersesat ketika berada di area ini karena kompas yang tidak dapat bekerja normal. Namun untuk masalah tersebut, diperkirakan karena segitiga bermuda berada di titik di mana bagian utara yang sebenarnya dengan utara pada magnet bertemu sehingga menyebabkan kompas tidak mampu bekerja.

Sampai saat ini masih banyak yang menganggap bahwa segitiga bermuda adalah suatu area yang dihuni makhluk misterius, sementara para peneliti lainnya terus berusaha mencari penjelasan mengenai fenomena misterius di area ini secara ilmiah. Bagaimana denganmu? Manakah yang menurutmu benar?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *