luka memar

Cara Menangani Luka Memar di Rumah

Lebam atau memar merupakan sebuah kondisi mengalami cedera yang menyebabkan aliran darah mengendap, sehingga menjadi warna kebiruan. Selain memberikan perubahan pada warna, bagian yang lebam akan sakit jika tersentuh. Tapi tidak perlu khawatir karena cara merawat luka ini cukup mudah dan bisa langsung anda tangani dengan cepat.

Lebam bisa terjadi biasanya karena terbentur dengan benda tumpul yang cukup keras. Tidak hanya karena ketidak sengajaan, memar juga bisa terjadi karena olahraga yang terlalu berat tanpa alasan yang jelas. Untuk itu, anda bisa mencari cara olahraga yang benar di https://www.guesehat.com/ . dalam beberapa kasus  juga memar membutuhkan waktu yang lama jika dibiarkan.

Cara Mengobati Luka Memar

  • Kompres dengan air es

Tindakan ini sudah sangat umum dilakukan karena sangat mudah. Anda cukup menyiapkan air yang sudah dimasukkan es batu ke dalam satu wadah kemudian tempelkan bagian yang memar dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air es. Suhu es yang dingin akan meredakan proses peradangan dan pembengkakan.

Air es juga mampu meminimalisir jumlah darah yang keluar dari dalam tumbuh. Kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit.

  • Mengangkat bagian tubuh yang memar

Jika cara pertama belum berhasil, anda bisa memposisikan bagian yang memar lebih tinggi dari bagian dada anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi aliran darah yang mengalir ke bagian memar supaya bagian yang bengkak segera reda.

  • Oleskan seledri

Gunakan seledri yang sudah dihancurkan juga mampu mengurangi pembengkakan pada memar. Sebuah studi mengatakan bahwa seledri dapat meredakan rasa nyeri dan menyembuhkan memar dengan cepat. Disarankan untuk mencuci seledrinya supaya tidak ada kuman dan bakeri yang masuk ke dalam tubuh.

  • Gunakan air hangat

Setelah mengkompres dengan air dingin, ganti penggunaannya dengan air hangat. Hal ini ditujukan suhu panas akan embuat peredaran darah lancar, dan mengubah warna kulit kembali seperti semula. Lakukan ini selama 10 menit dalam waktu sehari dengan dua sampai 3 kali pengompresan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *