menyebrang jalan
Tips And Trick

Menyebrang Jalan dengan Aman, Hal Sepele yang Tak Banyak Orang Tahu

Menyebrang jalan merupakan hal yang gampang gampang sulit dilakukan. Mungkin kelihatannya sederhana, tapi jika dipraktikkan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Nah, biasanya di jalan raya sudah tersedia fasilitas untuk menyebrang, seperti zebra cross dan jembatan penyebrangan orang (JPO). Namun tak semua orang memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menyebrang. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah selalu menyebrang dengan fasilitas penyebrangan atau langsung menyebrang di mana pun sesuka hatimu? Berhati-hatilah, jangan sampai kamu harus mengajukan klaim asuransi kecelakaan diri akibat menyebrang. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, ketahui dulu bagaimana cara menyebrang yang aman dan tepat.

Sebenarnya cukup sederhana, menyebrang dengan aman hanya butuh empat langkah seperti berikut ini

  1. Tunggu sejenak. Sebelum mulai menyebrang di zebra cross, diam dan tunggu sejenak dahulu. Jangan sampai terlalu tergesa-gesa sehingga lupa untuk diam sejenak. Gunakan indera penglihatan dan pendengaranmu dengan baik. Tunggu hingga arus lalu lintas relatif kosong dan tetap waspada jika ada kendaraan yang melintas.
  2. Tengok arah datangnya kendaraan. Kemudian tengok ke arah datangnya mobil. Pastikan kendaraan tidak ada yang melaju kencang ke arahmu.
  3. Tengok arah sebaliknya. Misalnya kendaraan datang dari arah kanan, kini saatnya kamu menengok ke kiri. Pastikan juga lalu lintas relatif sepi dan aman untuk menyebrang. Jangan ragu untuk mengangkat tanganmu untuk memberi aba-aba stop agar kendaraan berhenti.
  4. Tengok lagi ke arah datangnya kendaraan. Eits, jangan langsung melangkah maju, sebaiknya tengok lagi ke arah kanan atau arah datangnya kendaraan. Jika sudah aman, barulah kamu boleh menyebrang.

Terkesan simpel memang, tetapi masih banyak orang-orang yang lalai dan tidak menerapkan langkah-langkah di atas. Jika sudah melakukan langkah-langkah menyebrang di atas, jangan lupa untuk tetap fokus saat menyebrang. Jangan memainkan handphone atau mendengarkan lagu dengan earphone. Sebaiknya jangan tergesa-gesa saat menyebrang, tetapi jangan terlalu santai juga. Namun jika ada, sebaiknya gunakanlah JPO saat menyebrang karena lebih terjamin keamanannya. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *