olahraga

Berbahayakah Jika Terlalu Banyak Olahraga?

Apa alasan utama rutin berolahraga? Demi kesehatan atau demi penampilan? Tidak masalah alasan apapun yang kamu pilih untuk melakukan aktivitas ini karena pada dasarnya keduanya tetap baik. Untuk kamu yang tidak sempat pergi ke gym juga boleh membeli alat fitness sendiri di rumah agar bisa menggunakannya kapan sajakamu bisa.

Namun, untuk kamu yang benar-benar berolahraga hanya demi penampilan saja, ada baiknya lebih waspada. Sebab cukup banyak orang yang melakukan aktivitas ini secara berlebihan demi bisa mendapatkan hasil yang cepat. Padahal kenyataannya hal tersebut justru bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum terjadi saat kamu olahraga secara berlebihan:

  • Tubuh dan pikiran terasa lelah terus menerus
  • Sulit tidur
  • Gelisah dan depresi
  • Masalah pada jantung
  • Masalah pada sendi
  • Penurunan performa
  • Mengganggu metabolisme
  • Menurunkan imunitas

Kamu mungkin saja mengalami satu atau lebih dari beberapa gejala di atas. Sayangnya, karena gejalanya cenderung umum banyak orang yang kurang menyadarinya sehingga tidak berusaha untuk mengubah pola olahraganya. Apalagi ketika mereka merasa bahwa aktivitas olahraga yang dilakukan cukup wajar dan tidak berlebihan.

Jadi, sebenarnya bagaimana mengukur apakah olahraga yang dilakukan sudah tergolong berlebihan atau tidak?

Menurut situs huffingtonpost.com.au, tidak ada ukuran yang pasti mengenai hal tersebut. Tergantung pada kebiasaan, usia, kondisi kesehatan, dan sebagainya. Pada seorang yang sudah terlatih dan biasa berolahraga dalam waktu lama mungkin akan merasa bahwa olahraga rutin yang dilakukan adalah hal biasa. Namun bagi orang lain, olahraga tersebut akan menjadi berlebihan dan bisa menimbulkan gejala seperti yang disebutkan di atas.

Cara paling aman untuk kamu yang ingin mendapatkan tubuh ideal dengan olahraga adalah dengan bimbingan profesional. Tidak hanya bisa mendapatkan jenis latihan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saja, orang tersebut mungkin juga akan memberikan saran mengenai pola makan dan sebagainya.

Namun jika kamu ingin melakukannya sendiri, maka mulailah dengan latihan yang ringan untuk membiasakan tubuh. Semakin lama barulah kamu bisa menambahkan intensitas olahraga. Baik waktu berolahraga maupun jenis olahraga yang dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *