kaki

Apakah Ingrown Hair Berbahaya?

Mencukur area tubuh tertentu, seperti ketiak, wajah, lengan, dan kaki merupakan cara yang banyak dipilih untuk menghilangkan rambut halus pada area tersebut. Namun, banyak juga yang memilih cara praktis dan mudah yaitu dengan mengunjungi hair removal treatment Jakarta. Perawatan hair removal tersebut dipilih karena bisa menghilangkan rambut halus dalam jangka panjang dan juga tidak berisiko menimbulkan ingrown hair.

Apa Itu Ingrown Hair dan Penyebabnya?

Ingrown hair adalah rambut halus yang tidak tumbuh ke luar tetapi justru tumbuh ke dalam lapisan kulit. Ingrown hair bisa terjadi pada seluruh area tubuh yang memungkinkan tumbuhnya rambut halus, seperti wajah, leher, kaki, ketiak, dan lainnya.

Ingrown hair bisa muncul dalam beberapa bentuk, di antaranya:

  • Rambut halus yang seharusnya keluar dari folikel rambut justru terperangkap dan tidak bisa ke luar
  • Rambut halus berhasil keluar dari folikel rambut tetapi kemudian menggulung ke arah sebaliknya dan masuk menembus permukaan kulit

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya ingrown hair, di antaranya yaitu:

  1. Sel kulit yang mati dapat menghambat folikel rambut dan mencegah rambut halus tumbuh keluar. Akibatnya rambut halus masuk kembali ke folikel rambut aslinya atau ke folikel rambut sekitarnya.
  2. Orang dengan rambut keriting memiliki potensi lebih besar mengalami ingrown hair setelah melakukan aktivitas menghilangkan rambut halus.

Apakah Ingrown Hair Berbahaya?

Ingrown hair pada dasarnya tidak berbahaya. Bahkan, kamu bisa mencoba untuk mengatasinya sendiri. Caranya yaitu dengan membersihkan area tempat tumbuhnya ingrown hair dan menggosok lembut agar rambut dapat tumbuh ke luar. Untuk mengetahui di mana area ingrown hair, kamu bisa melihat warna permukaan kulitmu.

Area di mana ingrown hair tumbuh akan terlihat berwarna kemerahan pada orang berkulit putih. Sementara pada orang dengan warna kulit coklat atau agak hitam, ingrown hair akan membuat warna kulit menjadi lebih gelap dibandingkan area lainnya.

Selain itu, ingrown hair juga mungkin menimbulkan beberapa gejala, seperti rasa gatal, munculnya benjolan, agak bengkak, dan terlihat adanya rambut yang tumbuh melingkar karena masuk ke dalam kulit. Namun, ingrown hair juga bisa menimbulkan dampak serius ketika terjadi infeksi bakteri. Jadi, jika kamu memiliki gejala ingrown hair tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published.