bali
Destination,  Travel

Ketahui Dulu Fakta Menarik Ini Sebelum Berlibur ke Bali!

Selama liburan di Pulau Bali dan menginap di salah satu hotel di Kuta, apakah Anda pernah mencari tahu fakta unik yang dimiliki oleh pulau satu ini? Hmm, kalau ditanya, pasti jawabannya tidak, kan? Namun demikian, tahukah Anda, jika pulau yang memiliki keindahan alam sangat memukau dan masuk dalam warisan dunia ini, menyimpan berbagai fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan. Berikut merupakan beberapa fakta tersebut!

  1. Memiliki tol terapung pertama di Indonesia. Pulau Bali tbaliernyata menjadi pulau pertama yang dibangun tol terapung di Indonesia. Tol terapung tersebut diberi nama Tol Bali Mandara yang terbentang sepanjang 2,7 km dpl. Tol ini menghubungkan kawasan Nusa Dua, Ngurah Rai Tuban, dan Benoa. Uniknya, tol satu ini tidak hanya bisa digunakan oleh pengendara roda empat, namun bisa pula digunakan oleh pesepeda motor karena tersedia jalur untuk sepeda motor di sisi kanan dan kiri tol.
  2. Dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia. Seperti diketahui, Bali memang terkenal memiliki kawasan wisata yang begitu indah sehingga tidak heran bila selalu mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia versi RCA (DestinAsian Readers Choice Awards) selama 12 tahun berturut-turut. Bukan hanya itu, Bali juga pernah dinobatkan sebagai pulau tujuan wisata terbaik versi Majalah Travel and Leisure.
  3. Mempunyai patung tertinggi di Indonesia. Di Pulau Bali ini juga berdiri sebuah patung yang dinobatkan sebagai patung tertinggi di Indonesia, yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung ini terletak di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Menariknya, patung ini pun kini menjadi patung tertinggi kedua di dunia dan berhasil mengalahkan Patung Liberty.
  4. Salah satu desa di Bali meraih penghargaan sebagai desa terbersih di dunia. Tahukah Anda, ternyata salah satu desa di pulau Bali pernah mendapatkan penghargaan sebagai desa terbersih di dunia, lho. Desa tersebut adalah Desa Penglipuran yang memiliki luas sekitar 112 hektar. Nama Penglipuran sendiri berasal dari kata “pengeling” dan “pura” yang artinya mengingat tempat suci atau para leluhur. Tidak hanya bersih, desa ini pun menyuguhkan keelokan alam yang sangat cantik di Indonesia.

Itulah berbagai fakta unik yang tersimpan di Pulau Bali! Segera berkunjung ke Bali, dan nikmati liburanmu yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *