Ketahui Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Bagi orang tua baru khususnya Ibu. Perkembangan bayi merupakan salah satu hal yang diharapkan dan juga membahagiakan. Di mana si kecil mulai tumbuh dan juga berkembang, menjadi zat-zat yang lebih dewasa dan juga lebih sehat. Khususnya ketika Bayi mulai bisa berjalan atau merangkak. Dimana kondisi tersebut tentu saja yang dapat memberikan perasaan bahagia dan juga senang, karena si Bayi tumbuh kembang dengan sangat baik dan juga memiliki kondisi yang sehat.

Ketahui Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Nah bagi anda para Ibu baru, khususnya orang tua yang melihat si kecil memasuki usianya setiap bulan hingga usia 1 tahun. Pasti merasakan berbagai kekhawatiran dan juga rasa bingung, mengingat perkembangan bayi sebenarnya berbeda-beda. Namun ada beberapa ciri yang hamper dirasakan semua bayi di usia yang sama. Contohnya saja, saat mereka memasuki usia 8 bulan. Si kecil mulai merangkak hingga belajar berdiri sendiri. Selain itu, ia mulai bisa berpegangan pada kursi ataupun meja untuk membantu melangkah dan belajar berjalan. Meskipun setiap perkembangan bayi di usia 8 bulan, bisa saja berbeda-beda.

Perkembangan Bayi di Usia 8 Bulan

Idealnya, bayi 8 bulan sudah mulai bisa berdiri dengan berbantuan memegang kursi ataupun benda di sekitarnya. Pada usia ini bayi mulai merasa penasaran terhadap segala sesuatu yang mereka lihat atau yang berada disekitarnya berat badan ideal bayi. Khususnya pada bayi laki-laki dan perempuan memang terbilang berbeda. Umumnya pada jenis kelamin laki-laki bayi yang sudah berusia 8 bulan, memiliki bobot kurang lebih 7 Hingga 10.5 kg, dengan panjang kurang lebih 66,5 hingga 75 cm. Sedangkan untuk bayi perempuan yang memasuki usia 8 bulan, memiliki berat kurang lebih 6,3 hingga 10 kg, dengan panjang badan mulai dari 64 hingga 73 cm.

Motorik Bayi Usia 8 Bulan

Ketika berbicara soal perkembangan bayi pada usia 8 bulan, maka kita berbicara mengenai kemampuan motoriknya. Di mana pada usia ini bayi sudah mulai mengangkat tubuhnya, dengan menggunakan tangan ataupun lutut. Selain itu pada usia ini, bayi juga mulai menggerakkan tubuhnya ke depan dan ke belakang, dimana kegiatan ini berperan menguatkan otot-otot sebagai pondasi untuk berjalan. Pada usia bayi 8 bulan mereka sudah menyadari bahwa tubuh mereka, dapat bergerak lebih dari duduk dan juga tidur ya ini seperti merangkak dan berdiri.

Meskipun mereka masih membutuhkan pegangan ataupun benda-benda yang dianggap lebih keras. Kemudian pada usia 8 bulan bayi sudah belajar untuk duduk serta menekuk lututnya setelah berdiri. Anda sebagai orang tua dapat membantu belajar jalan dengan cara memegang kedua tangannya atau membantu bayi untuk mengenali benda sekitar yang cukup keras, sehingga mereka dapat merasakan pegangannya. Namun mereka masih belum memerlukan sepatu karena banyak dokter anak yang menyebutkan bahwa berjalan tanpa alas kaki pada usia 8 bulan, dapat membantu memperkuat otot kaki nya.

Selain itu tekstur lantai yang diinjak juga dapat membantu bayi untuk menjaga keseimbangan untuk melancarkan proses berdiri atau jalannya si bayi. Anda bisa mengajak mereka untuk berjalan di atas rumput untuk mengenali tekstur ataupun bentuk jalanan yang berbeda dengan kaki telanjang. Namun perlu diingat setelah melakukan kegiatan tersebut baiknya untuk mencuci kaki, agar tidak rangkuman dan juga bakteri di telapak kaki kecil.

Motorik lainnya yang umumnya dilakukan oleh bayi berusia 8 bulan, yakni makin aktif menggerakkan mainan dengan berbagai cara seperti mengocok, membanting, memukul, serta menjatuhkannya. Bayi sebenarnya tidak bermaksud untuk merusak benda tersebut. Namun Ia hanya ingin menuntaskan rasa ingin tahu apakah benda tersebut sesuai dengan perkiraan mereka atau tidak.

Selain itu bayi usia 8 bulan juga lebih senang dengan menggunakan mainan yang berbentuk menyerupai benda aslinya, seperti halnya telepon, buah-buahan, cangkir dan lain. Sebagainya pastikan semua mainan yang dimiliki aman, di sisi lain Ia juga sudah mulai bisa menyantap makanan menggunakan tangan secara langsung. Di mana makanan tersebut sudah mulai dipegang atau digenggam. Di sisi lain bayi berusia 8 bulan juga bisa dilatih motoriknya. Dengan mengenali berbagai tekstur makanan menggunakan tahu buah-buahan ataupun lain sebagainya.

Kemampuan Bicara

Perkembangan bayi usia 8 bulan selanjutnya yang bisa anda kendali adalah kemampuan berbicara. Di mana bayi 8 bulan, sudah bisa merespon kata-kata yang sering mereka dengar terutama namanya. Usia ini dapat dijadikan sebagai salah satu usia di mana bayi memahami berbagai kata-kata pendek dan juga mudah seperti halnya Ibu atau Ayah. Di sisi lain bayi umur 8 bulan juga sering kalian mengenal kata mamam atau makan, sebagai salah satu tanda bahwa mereka ingin mengkonsumsi makanan atau melihat bentuk makanan.

Selain itu Anda juga bisa terus melatih cara bicara mereka, dengan mengenali tubuh di sekitarnya seperti halnya kucing, atau hewan, mata, hidung dan sebagainya. Meskipun bayi berusia 8 bulan belum berbicara secara lancar atau mengucapkan kata-kata secara lancar. Namun dengan melatih kemampuan bicara mereka dapat membantu mereka mengenali kata-kata lebih cepat.

Kemampuan Sosial

Kemampuan terakhir yang bisa dikenali dengan perkembangan bayi 8 bulan adalah kemampuan social. Pada usia ini ia sudah bisa menirukan perilaku orang dewasa, seperti halnya pura-pura bicara di telepon, menyisir rambut ataupun makan menggunakan sendok. Selain itu anda sudah bisa menerapkan hal-hal yang bersifat disiplin. Namun kecil anda dapat menguji jika melakukan berbagai sesuatu yang baik dan juga melarang mereka untuk melakukan sesuatu yang kurang baik. Umumnya respon bayi di usia 8 bulan menangis atau pun tertawa saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *