cat dinding

Ini Caranya Agar Cat Dinding Rumah Awet

Setelah lama menabung, akhirnya Anda diberikan kesempatan untuk memiliki rumah impian Anda. Saat waktu tersebut tiba, pastinya akan ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan, seperti asuransi rumah yang akan digunakan untuk melindungi rumah dan yang tidak kalah penting adalah tampilan rumah.

Saat berbicara tentang tampilan, tentunya tidak akan lepas dari masalah cat dinding. Ya, meskipun saat ini sudah banyak orang yang mulai menggunakan wallpaper ataupun wall sticker untuk melapisi dinding rumahnya, kenyataannya masih banyak juga yang memilih cat dinding dengan berbagai alasan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana membangun rumah Anda, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan agar cat dinding rumah awet, yaitu:

  • Adukan dinding

Proses pembuatan dinding harus diperhatikan sejak awal pembangunan. Pastikan perbandingan campuran antara semen dan pasir berada dalam jumlah yang sesuai. Biasanya perbandingan semen dan pasir yang digunakan yaitu 3:1. Perbandingan yang tepat akan membuat dinding awet dan tidak mudah retak.

  • Kualitas cat

Saat ini ada banyak sekali pilihan kualitas cat yang bisa Anda pilih, dari mulai yang murah hingga yang mahal. Tentunya semakin tinggi harga cat akan berpengaruh pada kualitasnya. Jika Anda membeli kualitas premium, biasanya sudah dilengkapi dengan perlindungan anti noda yang membuatnya mudah dibersihkan. Jadi cat dinding juga akan lebih awet dibandingkan dengan cat dinding kualitas medium.

  • Cat dasar

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya menggunakan cat dasar untuk dinding rumah. Padahal cat ini dapat berfungsi untuk mencegah dinding mengalami rembes akibat campuran adukan dinding yang belum benar-benar kering. Namun pengaplikasian cat dasar hanya bisa dilakukan pada dinding yang masih benar-benar baru.

  • Proses pengecatan

Agar kualitasnya maksimal Anda harus melakukan proses cat sebanyak minimal 2 lapis. Namun saat mengecat lapisan kedua, Anda harus memastikan bahwa lapisan cat pertama sudah benar-benar kering terlebih dahulu. Jika tidak maka bisa dijamin cat dinding akan mudah rusak dan juga warnanya bisa menjadi belang atau tidak rata.

Semoga dengan memperhatikan berbagai hal di atas, cat rumah Anda semakin awet sehingga tampilan rumah akan selalu terlihat menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *