ruang tamu

Buat Ruang Tamu Terasa Nyaman Dengan Cara Ini

Selain memberi kenyamanan pada Anda dan keluarga sebagai penghuni rumah, sangat penting juga bagi Anda memberi kenyamanan pada tamu yang datang. Salah satunya yaitu menyediakan sofa minimalis lengkap dengan berbagai benda yang wajib ada di ruang tamu. Namun, apakah hal itu saja sudah cukup?

Ternyata ada banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk mewujudkan ruang tamu yang nyaman, di antaranya yaitu:

  • Pencahayaan ruangan

Saat ini banyak ruang tamu menggunakan ceiling fan yang telah dilengkapi dengan lampu pada ruang tamu agar bisa mendapatkan 2 fungsi sekaligus, yaitu sebagai sumber cahaya dan angin. Namun harga ceiling fan seperti ini yang cukup mahal membuat banyak juga yang memutuskan untuk menggunakan lampu dan ceiling fan terpisah. Sayangnya seringkali penempatannyaa tidak tepat dan justru mengganggu pencahayaan di ruangan ini. Misalnya dengan menempatkan lampu pada titik yang sama dengan ceiling fan tetapi lokasinya di atas ceiling fan. Ketika lampu dan kipas dinyalakan, putaran kipas akan sangat mengganggu pencahayaan dan bisa membuat pusing.

  • Penempatan sofa

Pastikan sofa diletakkan pada lokasi yang nyaman dan tidak akan silau atau terasa panas pada siang hari. Sebab kondisi ini dijamin bisa membuat tamu yang datang akan merasa tidak nyaman.

  • Pemilihan warna dinding

Warna dinding akan sangat memengaruhi suasana sebuah ruangan. Hindari penggunaan warna dinding yang terlalu terang dan menyakitkan mata, seperti merah atau kuning terang. Jika Anda ingin menggunakan warna tersebut bisa saja, tetapi cobalah untuk mengombinasikannya dengan warna lain yang lebih lembut.

  • Ukuran perabotan

Tidak aada orang yang akan merasa nyaman ketika berada di ruang terlalu sempit. Ada baiknya jika Anda menyesuaikan ukuran perabotan yang digunakan dengan ukuran ruang tamu Anda. Pastikan tamu masih bisa bebas bergerak dengan nyaman saat berada di ruangan tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu, pastikan adanya sekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga Anda. Meskipun sederhana, tetapi hal ini penting untuk menjaga privasi keluarga Anda dan juga membuat tamu merasa nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *