Fitur Clone Apps, 2 Aplikasi yang Sama Dalam 1 Ponsel

Perkembangan teknologi bukanlah suatu hal yang bisa dicegah. Lihat saja perkembangannya di sekitar kita. Dulu, mungkin tv kabel dan internet adalah suatu hal yang mewah bagi sebagian orang, sehingga hanya beberapa saja yang bisa memilikinya. Namun sekarang, hampir semua rumah menggunakan teknologi tersebut. Atau, kita juga bisa melihat kemajuan teknologi pada ponsel yang dulu hanya aktif digunakan untuk telepon dan berkirim pesan singkat atau SMS. Sekarang, kedua teknologi tersebut mulai jarang digunakan sejak kehadiran media chatting dan voice call.

Yap, media chatting seperti WhatsApp saat ini memang menjadi andalan para pemilik ponsel atau smartphone untuk saling berkirim pesan. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia satu pada setiap ponsel. Sehingga, jika Anda memiliki dua nomor yang aktif digunakan untuk aplikasi tersebut, Anda juga harus memiliki dua ponsel yang harus dibawa setiap saat.

app clones 2

Akan tetapi, saat ini ada sebuah fitur baru yang mulai tersedia pada beberapa smartphone baru. Fitur ini memungkinkan Anda menginstal beberapa aplikasi yang sama pada satu ponsel. Artinya, Anda bisa memiliki lebih dari satu aplikasi yang sama dalam satu ponsel. Fitur yang dimaksud yaitu “Clone Apps” (bisa berbeda pada setiap ponsel).

Nah, mungkin Anda penasaran dan mulai tertarik dengan fitur ini. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas bagaimana cara mengecek apakah ponsel pintar Anda support dengan fitur ini, dan bagaimana cara penggunaannya.

Langkah pertama, Anda bisa masuk ke menu “setting” dan cari “Clone Apps” atau sejenisnya. Selanjutnya, akan ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa Anda kloning. Anda tinggal pilih aplikasi mana yang ingin dikloning, dan kemudian pilih “enable app cloning”. Setelah itu, Anda rename untuk membedakan aplikasi asli dengan kloning. app clones

Sangat sederhana sekali kan caranya? Memang terlihat sangat mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai fitur ini, yaitu:

  1. Anda hanya bisa melakukan kloning 1 kali per aplikasi.
  2. Aplikasi hasil kloning tidak terhubung dengan aplikasi asli. Jadi, jika Anda menginstall WhatsApp dan mengkloningnya, Anda bisa mengaktifkan 2 nomor WhatsApp bersamaan dalam satu ponsel.
  3. Sebelum melakukan kloning, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi yang ingin dikloning tersebut.
  4. Fitur ini hanya dapat bekerja jika aplikasi yang akan dikloning mendukung fitur ini.

Nah, setelah tahu kegunaan fitur ini, bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda tertarik memanfaatkannya? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *