hoax

Etika Berinternet yang Bisa Kamu Terapkan

Saat ini, semua hal semakin dimudahkan karena internet. Ya, berkat adanya internet, kita bisa mengakses apapun dengan mudah tanpa perlu membuka buku ataupun mencari informasinya ke orang-orang. Bahkan, kini tersedia pula Internet Service Provider, di mana jika koneksi internet di rumah ataupun kantor sedang “ngadat” maka bisa langsung diperbaiki hanya dengan menghubungi provider internet tersebut.

Namun demikian, saat berinternet, kamu tetap harus punya etika dan tidak boleh sembarang mengakses ataupun menyebar apapun tanpa mencari kebenarannya. Nah, supaya tidak salah, ada beberapa berinternet yang harus terapkan, di antaranya:

  1. Tidak menyebar berita hoax

Pastikan untuk tidak menyebar berita hoax di internet dan cari tahu terlebih dahulu kebenaran dibalik cerita tersebut. Jangan hanya asal menyebarkan berita ternyata kamu sendiri masih belum tahu pasti kebenaran beritanya. Untuk itu, saat menyebarkan berita, usahakan terlebih dahulu mencari kebenarannya, ya, dan jangan main sebar saja di media apapun itu.

  1. Tidak saling menghina

Jangan pernah saling menghina, entah itu terkait dengan agama, ras, suku, hingga fisik seseorang. Pasalnya, tidak semua orang bisa menerima hinaan yang dilontarkan, terlebih menghina di media sosial yang notabene bisa dibaca oleh semua orang. Tidak menutup kemungkinan, hinaan yang dilontarkan malah bisa menjadi cacian bagi orang lainnya yang tidak suka. Oleh karena itu, jangan sampai saling menghina, ya.

  1. Tidak merisak orang lain

Melansir dari kompas.tv, layaknya kehidupan nyata, orang-orang di internet pun memiliki kuasa yang berbeda, entah itu berkuasa dalam bentuk pengetahuan maupun pengaruh. Jika kamu memiliki pengetahuan dan berpengaruh di dunia maya, maka jangan pernah merisak orang lain dengan kuasamu. Apabila memang ada yang mengganjal hati, sebaiknya tegurlah tapi jangan sampai mempermalukan orang tersebut.

  1. Tidak emosi dan jadilah pemaaf

Jadilah seorang yang pemaaf dan tidak tersulut emosi saat ada orang yang mengomentari apapun tentang dirimu. Ya, terkadang memang komentar yang diberikan sedikit membuat emosi, tapi kamu harus tetap bisa memaafkan dan biarkan saja sampai semuanya mereda.

Itu dia beberapa etika berinternet yang sebaiknya diterapkan agar tidak terjadi saling hina dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *