motor 2 tak

Kiat Merawat Sepeda Motor 2 Tak

Memiliki hobi adalah salah satu tanda ekspresi diri manusia. Begitupun dengan Anda yang senang mengoleksi sepeda motor 2-tak yang dulunya menjadi raja jalanan. Meski hobi ini tidak begitu murah dan mudah, untuk orang yang benar-benar menyenangi kendaraan jadul satu ini, apa saja akan diupayakan untuk menekuni kegemaran ini. Salah satunya adalah dengan melengkapi motor 2-tak dengan oli samping Idemitsu. Ya, motor 2-tak adalah satu-satunya kendaraan beroda dua yang membutuhkan oli samping untuk kelangsungan pemakaiannya.

Selain persoalan oli, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan seorang pengoleksi motor 2-tak agar kendaraan yang dimiliki berusia panjang. Apa sajakah? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

  • Pahami karakter motor

Sebagai kendaraan jadul, motor 2-tak tentu perlu perawatan yang sedikit berbeda dengan motor 4-tak yang kini banyak digunakan sebagai kendaraan harian. Joey Tumanduk, seorang pecinta otomatif sekaligus kolektor sepeda motor 2-tak, mengatakan bahwa pemilik motor 2-tak perlu memahami betul karakter motornya agar tidak merugi. Sebagai contoh, bila pemilik motor 2-tak tidak begitu memahami komponen serta suku cadang motornya dengan baik, ada kemungkinan ia bisa dibohongi oleh petugas bengkel saat hendak membeli benda-benda tersebut. Maka untuk menghindari kerugian ini, pahami betul karakter motor—termasuk tipe dan jenis komponen serta suku cadang yang dimiliki kendaraan tersebut.

  • Perhatikan suku cadang dan bagaimana cara merawatnya

Poin sebelumnya sudah menyinggung soal suku cadang. Sebab, suku cadang motor 2-tak cukup sulit dicari—aku Joey. Kalaupun ada, tambahnya, harganya cenderung mahal, karena jumlahnya yang langka. Dia pun memberi saran bila suku cadang motor 2-tak Anda rusak namun sulit ditemukan, maka Anda dapat mengakalinya dengan substitusi dengan suku cadang motor lain.

  • Atur setting komponen motor sesuai kebutuhannya

Joey mengatakan bahwa motor 2-tak perlu perhatian ekstra. Sebut saja karburator, oli samping, blok mesin, sampai radiator. Karena masih bersistem manual, komponen-komponen ini perlu diatur sesuai kebutuhan motor masing-masing. Misal, pengatuan karburator, tingkat kebasahan oli samping, kualitas blok mesin (masih bagus atau sudah berkerak), serta kualitas radiator (jika tidak dipantau secara rutin dapat overheat). Maka, aturlah komponen-komponen ini sesuai dengan kebutuhan motor Anda.

Nah, itulah dia beberapa kiat merawat sepeda motor 2-tak untuk Anda selaku kolektor motor ini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *