anak dengan diabetes tipe 1

Bisakah Anak Dengan Diabetes Hidup Normal?

Tidak ada orangtua mana pun yang ingin anaknya terdiagnosa suatu penyakit. Sayangnya terkadang hal tersebut tidak bisa dihindari. Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang saat ini cukup banyak menyerang anak-anak hingga mereka harus mulaai belajar melakukan monitor gula darah sejak dini. Dengan begitu kadar gula akan tetap terkontrol dalam kadar yang aman dan tidak akan menimbulkan komplikasi berbahaya.

Ya, diabetes memang sebuah penyakit yang sangat berbahaya akibat berbagai komplikasi yang mungkin terjadi. Pertanyaannya, apakah mungkin anak dengan diabetes bisa hidup normal layaknya anak sehat lainnya? Sementara ketika orang dewasa menderita diabetes saja ada sangat banyak sekali pantangannya.

Jawabannya adalah bisa. Namun tentunya akan bergantung pada kondisi kesehatan anak Anda sendiri. Sebab tingkat keparahan dan respon tubuh terhadap perawatan atas diabetes pada setiap anak bisa saja berbeda.

Diabetes yang umum menyerang anak-anak adalah diabetes tipe 1. Menurut situs kidshealth.org, sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan diabetes termasuk juga pada anak-anak. Namun agar anak bisa menjalani hidupnya dengan normal maka Anda bisa mengikuti treatment plan yang sudah disusun oleh tim dokter yang menangani penyakit anak Anda. Tujuan utama dari treatment plan tersebut adalah:

  • Membantu fisik dan emosional anak agar dapat berkembang secara normal
  • Menghindari masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang pada anak

Ada beberapa hal yang dilakukan dalam treatment plan ini, di antaranya:

  • Penggunaan insulin

Tidak ada dosis pasti mengenai pemakaian insulin karena akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anak. Itulah sebabnya, treatment plan pada setiap anak penderita diabetes bisa berbeda satu sama lain. Penggunaan insulin ini tidak hanya fokus pada dosis saja, tetapi juga bagaimana membantu injeksi insulin pada anak dengan diabetes tipe 1.

  • Diet seimbang

Sama halnya dengan penderita diabetes pada orang dewasa, anak juga harus melakukan diet seimbang. Hanya saja varian makanannya akan lebih beragam mengingat anak masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga masih membutuhkan berbagai nutrisi.

  • Monitor kadar gula darah

Anak akan diminta untuk melakukan monitor terhadap kadar gula darahnya setiap waktu, sehingga dokter mungkin akan menyarankan anak menggunakan CGM (continues glucose monitor). Dengan begitu dokter akan bisa menganalisa hal apa yang bisa dengan cepat menaikan kadar gula darah sehingga bisa menghindarinya.

  • Aktif melakukan aktivitas fisik

Sakit bukan berarti tidak boleh melakukan aktivitas fisik. Dalam treatment plan justru aktivitas fisik secara rutin akan masuk ke dalam plan. Tentunya hal ini akan aman dilakukan selama Anda tetap mengikuti plan yang telah disusun.

Diabetes memang pasti akan memengaruhi aktivitas dan hidup anak Anda. Namun jangan sampai anak Anda merasa tertekan karena hal tersebut karena selama mengikuti treatment plan yang telah disusun, anak masih bisa merasakan hidupnya yang normal seperti anak lainnya. (Vita)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *