Benarkah Minyak Zaitun Bisa Cegah Diabetes?

Semakin banyak orang yang sadar akan kesehatan, membuat mereka mulai waspada dalam memilih bahan makanan. Bahkan, banyak yang mulai memilih makanan sehat dibandingkan dengan makanan lain yang enak tetapi kurang baik untuk kesehatan. Misalnya, seperti mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak untuk sarapan menjadi konsumsi salad dengan campuran minyak zaitun. Apalagi saat ini sudah banyak toko jual minyak zaitun, sehingga membuat makanan sehat tersebut bukanlah hal yang sulit.minyak zaitun

Minyak zaitun dipilih oleh mereka karena terkenal memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, banyak juga yang percaya bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat menjauhkan Anda dari penyakit Diabetes. Namun, benarkah demikian?

Berdasarkan dari situs klikdokter, pernah dilakukan penelitian mengenai manfaat minyak zaitun ini yang hasilnya kemudian dimuat di American Journal of Clinical Nutrition. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minyak ini memang memiliki risiko lebih kecil menderita penyakit jantung dan diabetes jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi mentega atau mayones.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar laut Mediterania juga sering menggunakan minyak ini sebagai bahan makanan yang dikonsumsi dalam diet mediterania. Mereka yang menjalankan diet ini diketahui jarang menderita penyakit jantung dan diabetes, dan diduga minyak zaitun sebagai sumber lemak yang mereka konsumsi adalah hal yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Manfaat lain dari minyak zaitun pada penderita diabetes yaitu, mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan HbA1C.

Meskipun begitu, ternyata belum ada penelitian pasti mengenai kaitan minyak zaitun dengan penyakit diabetes. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar menyimpulkan bahwa minyak ini memang dapat mencegah penyakit tersebut. Sehingga sangat tidak disarankan jika Anda ingin menghindari penyakit diabetes hanya dengan mengonsumsi minyak zaitun saja. Sebab, minyak ini hanyalah bahan pelengkap dan tidak bisa dijadikan makanan utama meskipun kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak boleh mengonsumsi minyak ini dalam jumlah berlebihan karena walaupun baik untuk kesehatan, konsumsi secara berlebihan justru bisa memberi dampak sebaliknya. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun yang ada di rumah untuk hal lain, misalnya untuk perawatan rambut, dijadikan masker, atau bahkan menjadikan minyak zaitun untuk membersihkan wajah. Semoga membantu, ya! (Vita)

1 thought on “Benarkah Minyak Zaitun Bisa Cegah Diabetes?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *