pesawat

Fakta Menarik A380, Pesawat Penumpang Terjumbo yang Pernah Ada

Airbus A380, atau A380, adalah sebuah pesawat penumpang berdek ganda yang dilengkapi dengan 4 buah mesin jet. Menurut CNN Travel, armada satu ini dicintai oleh para pilot dan penumpang karena kelapangan dan kenyamanannya, namun kurang disukai oleh maskapai karena biaya operasionalnya. Inilah alasan pertama mengapa A380 “hanya” berhasil diproduksi dalam kurun 18 tahun. Selain itu, berikut adalah beberapa fakta menarik A380 si pesawat superjumbo yang pernah ada.

Pesawat penumpang terbesar di dunia

Nilai jual pertama dan paling utama A380 adalah kapasitas penumpangnya. Sebagai informasi, pesawat terjumbo ini mampu membawa penumpang hingga 853 orang dalam dua dek penuh dengan konfigurasi satu kelas kursi. 

Tapi jika memakai konfigurasi campuran kelas (ekonomi, bisnis, dan first), A380 rata-rata memiliki 545 kursi. Kalau mau dibandingkan dengan rerata tipe pesawat yang mengudara di langit Indonesia, angka ini 3 kali lipat lebih tinggi. 

Hampir setengahnya dimiliki Emirates

Menurut laman Wikipedia, jumlah armada A380 yang pernah diproduksi selama 18 tahun manufakturnya “hanya” 254 buah. Tentu ini angka yang sangat kecil kalau mau dibandingkan dengan Boeing 747, yang digadang-gadang akan tergantikan posisinya oleh A380. Sebagai perbandingan, jumlah Boeing 747 yang pernah dibuat ada 1.574 buah dalam 55 tahun.

Nah, 123 dari 254 buah A380 itu dimiliki oleh Emirates, maskapai kelas premium milik United Emirates Arab. Saking cintanya dengan armada satu ini, Emirates menggunakan A380 mereka untuk mengoperasikan penerbangan jarak jauh maupun jarak pendek mereka. 

Penerbangan reguler jarak jauh Emirates yang memakai armada ini adalah Dubai ke Auckland juga Dubai ke Los Angeles. Sedangkan penerbangan jarak pendek Emirates yang memakai A380 adalah Dubai ke Jeddah, yang “cuma” berjarak 1.700 km.

Satu-satunya pesawat yang punya shower room

Punya shower room adalah fakta menarik A380 berikutnya. Yup, hanya di Airbus A380-lah maskapai kelas premium seperti Emirates dan Etihad menyediakan ruang mandi atau shower room alih-alih hanya kamar mandi kecil seperti pada kebanyakan pesawat terbang.

Namun, shower room ini hanya diperuntukkan bagi penumpang first class, ya! Jadi kalau kamu ingin mencoba showering up in the air—atau mandi di udara—kamu perlu beli tiket first class Emirates atau Etihad terlebih dahulu.

Nah, itulah dia beberapa fakta menarik A380, si pesawat superjombo yang pernah ada. Meski sudah tidak lagi diproduksi, armada satu ini masih akan terus menghiasi langit berbagai belahan dunia. Pada Desember 2022 ini pun, hampir semua maskapai yang punya Airbus 380 perlahan mulai mengoperasikan kembali A380 mereka setelah diparkirkan selama hampir 2 tahun akibat pandemi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.