Etika Berhenti di Bahu Jalan Agar Aman

Pemilik truk maupun mobil pribadi pasti tidak ada yang ingin mengalami masalah pada kendaraannya. Itulah sebabnya, mereka rutin melakukan perawatan pada mobilnya. Mulai dari menggunakan spare part Mitsubishi Fuso atau brand lain tergantung merek kendaraannya, mengendarai mobil dengan cara yang baik agar kendaraan selalu dalam kondisi baik, sampai mempelajari trik mengemudi defensif untuk meminimalisir kecelakaan.

Namun terkadang, hal yang tidak diharapkan tersebut bisa saja terjadi dan membuat Anda harus menepi di bahu jalan. Nah, ketika hal itu terjadi banyak orang yang belum paham mengenai aturannya dan langsung saja berhenti di bahu jalan. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Agar hal tersebut tidak Anda alami, pahami terlebih dahulu beberapa aturannya berikut ini:

  • Pasang segitiga pengaman

Banyak orang yang mengabaikan pemasangan ini karena menganggapnya tidak penting. Padahal, segitiga pengaman ini berfungsi untuk memberi tanda bahwa ada mobil yang sedang berhenti karena dalam kondisi darurat di bahu jalan. Itulah sebabnya, segitiga pengaman harus di pasang di bahu jalan juga dengan jarak 30-50 meter dari lokasi mobil berhenti.

  • Atur lalu lintas

Ada baiknya jika Anda meminta bantuan penumpang untuk menjadi marshal. Penumpang ini bertugas untuk memberi informasi tambahan pada pengendara lain bahwa ada mobil yang sedang berhenti karena  darurat. Agar pengendara lain lebih aware, maka sebaiknya menggunakan rompi pengaman dan juga lampu darurat.

  • Keluar dari mobil

Mintalah semua penumpang untuk keluar dari mobil selama menunggu petugas tol atau teknisi mobil yang akan memperbaiki mobil datang. Tujuannya adalah untuk meminimalis jumlah korban seandainya terjadi hal yang tidak diharapkan terjadi, seperti ditabrak dari belakang oleh pengendara lain.

  • Gunakan lampu hazard

Pada saat seperti iniah, Anda baru boleh menyalakan lampu hazard untuk menandakan bahwa terjadi masalah pada mobil Anda. Lampu yang menyala secara berkedip ini akan membantu pengendara lain untuk lebih waspada terhadap keberadaan kendaraan Anda.

Namun ingat ya, bahu jalan hanya boleh digunakan berhenti untuk mobil yang bermasalah. Tidak boleh digunakan untuk berhenti Anda yang sedang merasa lelah dan ingin beristirahat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *