asuransi mobil

Waspadai Penyebab Gagal Klaim Asuransi Kendaraan

Ketika Anda membeli polis asuransi mobil, hal yang pastinya Anda harapkan adalah keuntungan berupa pertanggungan saat terjadi risiko pada kendaraan. Apalagi jika polis yang Anda beli adalah asuransi allrisk, di mana pertanggungan atas risikonya jauh lebih luas. Namun, bagaimana jika pada saat pengajuan klaim, permintaan Anda tersebut justru ditolak? Pastinya sangat mengecewakan sekali, kan?

Agar hal tersebut tidak terjadi, waspadai berbagai penyebab kegagalan saat mengajukan klaim asuransi kendaraa berikut ini:

  • Pengecualian

Hal pertama yang harus dipelajari terkait polis asuransi adalah pengecualian atau hal-hal yang tidak termasuk ke dalam perlindungan asuransi kendaraan. Sebab semua risiko yang terjadi akibat salah satu poin dalam pengecualian akan menyebabkan kegagalan proses klaim.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam poin pengecualian dalam polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia adalah:

  • Kerusakan atau kehilangan akibat disengaja oleh pemilik kendaraan
  • Kehilangan akibat kelalaian, termasuk ketika kehilangan akibat penipuan
  • Kerusakan akibat huru-hara, terorisme, dan sebagainya
  • Kerusakan atau kehilangan kendaraan akibat bencana alam seperti gempa bumi
  • Pelanggaran

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi dapat menyebabkan proses klaim asuransi ditolak. Baik pelanggaran secara langsung seperti melawan arus, tidak mematuhi lampu lalu lintas, dan sebagainya. Maupun juga pelanggaran dalam bentuk dokumen seperti tidak membawa apalagi tidak memiliki SIM dan STNK.

  • Pertambahan perlindungan

Bencana alam memang tidak mendapat perlindungan asuransi, tetapi sebenarnya terdapat asuransi tambahan agar bisa mendapat perlindungan tersebut. Misalnya saja ketika mobil terendam banjir. Jika perlindungan asuransi Anda hanyalah polis standar, maka asuransi Anda tidak akan menanggung saat mobil terendam banjir. Namun, Anda bisa mendapatkan pertanggungan jika polis asuransi Anda sudah dilengkapi perlindungan tambahan unntuk banjir.

  • Salah prosedur

Untuk pengajuan klaim asuransi, setiap perusahaan asuransi mungkin saja mmemiliki prosedur yang berbeda. Anda harus terlebih dahulu mengetahui semuanya, baik sistemnya maupun dokumen yang harus disiapkan. Jika ada salah satu saja yang terlewat, maka sudah pasti proses klaim akan ditolak.

Semoga setelah mengetahui informasi ini, proses klaim asuransi Anda selalu berjalan lancar, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.