duduk kerja

Risiko yang Mengintai Tubuh karena Terlalu Lama Duduk

Untuk Anda yang bekerja di belakang meja, pasti menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk. Baik untuk yang bekerja di kantor, maupun saat bekerja di rumah atau WFH di masa pandemi kemarin. Kebiasaan ini terlihat biasa saja, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk bisa menyebabkan masalah kesehatan? Akibatnya, Anda jadi harus menggunakan asuransi syariah untuk menanggung biaya pengobatan saat merasakan adanya keluhan.

Rasa pegal dan kenaikan timbangan mungkin menjadi keluhan yang paling terasa. Namun demikian, selain berat badan yang naik karena tubuh minim gerak dan membuat pelepasan molekul termasuk lipoprotein lipase (yang membantu memproses gula serta lemak) berkurang, bahaya lain yang mengintai adalah:

  1. Atrofi otot kaki dan bokong. Terlalu lama duduk akan membuat otot di bagian bawah tubuh menjadi berkurang pergerakannya. Alhasil, otot-otot tersebut akan melemah dan akan menyebabkan atrofi otot. Atrofi otot biasa terjadi di daerah kaki serta bokong. Ketika otot sudah mengalami atrofi, maka perubahan bentuk seperti ukuran yang mengecil atau menjadi tak simetris akan terjadi. Alhasil, tubuh akan menjadi rentan cedera karena sulit stabil.
  2. Nyeri di leher, punggung, dan pundak. Anda mungkin pernah merasakan sakit di tiga area tersebut setelah selesai bekerja. Ketika Anda duduk dalam durasi yang panjang, fleksor pinggul akan memendek—terlebih jika postur duduk Anda buruk dan kursi yang digunakan tidak ergonomis. Alhasil, rasa nyeri akan terasa karena terdapat tekanan pada cakram tulang belakang. Untuk mengatasinya, biasakan untuk berdiri atau berjalan-jalan di sela-sela waktu bekerja Anda.
  3. DVT atau Deep vein thrombosis merupakan kondisi yang terjadi akibat penggumpalan darah pada kaki. Biasanya, DVT ditandai dengan pembengkakan kaki, nyeri ketika berdiri atau berjalan, atau bahkan kemerahan yang disertai kenaikan suhu. Jika Anda mengalami hal ini, baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya.
  4. Tak hanya DVT, risiko lain yang mengintai area kaki karena terlalu lama duduk adalah varises. Varises memang tidak berbahaya, namun ada baiknya dihindari. Sebab dalam beberapa kasus, varises yang ditangani bisa mengarah pada masalah serius, termasuk pembekuan darah.

Itu dia beberapa risiko yang bisa terjadi pada tubuh Anda karena terlalu lama duduk. Mulai hindari sejak dini dengan rutin merenggangkan tubuh dan berjalan-jalan sejenak di sela waktu kerja, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *