Apakah Kebiasaan Mandi Malam Hari Berdampak Pada Kesehatan?

“Sudah malam jadi tidak perlu mandi. Nanti malah sakit.”. Pernahkah Anda mendengar kalimat tersebut? Hingga saat ini memang mandi malam hari sering kali disebutkan sebagai penyebab beberapa penyakit, salah satunya reumatik. Bahkan meskipun shower mandi di rumahnya sudah dilengkapi dengan water heater sekalipun, mereka tetap takut melakukannya. Mereka umumnya tetap memilih mandi keesokan harinya demi terhindar dari beberapa penyakit.mandi

Lalu, apakah mandi malam memang berbahaya bagi kesehatan?

Menurut situs alodokter, ternyata dampak atau bahaya mandi malam bagi kesehatan hingga saat ini belum terbukti. Belum ada satupun penelitian ilmiah yang benar-benar membuktikan hal tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang. Misalnya saja pada bayi yang sebaiknya menghindari hal ini.

Bayi terutama pada usia kurang dari 3 bulan masih sangat rentan terhadap perubahan suhu. Suhu yang dingin bisa menyebabkan bayi mengalami hipotermia karena tubuhnya belum memiliki kemampuan untuk mengatur suhu. Itulah sebabnya, sangat tidak dianjurkan untuk memandikan bayi malam hari apalagi menggunakan air dingin.

Hal lain yang sering dihubungkan dengan kebiasaan mandi malam yaitu masalah rematik. Bahkan cukup banyak orang yang menyalahkan mandi malam sebagai penyebab seseorang terkena rematik. Padahal ternyata, hal tersebut adalah mitos. Dalam situs alodokter maupun klikdokter, disebutkan bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan mandi malam dengan penyakit tersebut.

Bahkan dalam situs alodokter, disebutkan bahwa mandi malam menggunakan air hangat justru bisa meringankan gejala rematik seseorang. Dan mengenai mandi malam penyebab rematik, belum ada satupun penelitian yang membuktikan hal tersebut. Hanya saja, berdasarkan penjelasan dalam situs klikdokter, mandi menggunakan air dingin memang bisa memicu kambuhnya rematik. Penyebabnya yaitu air dingin akan membuat otot menjadi kaku atau spasme. Kondisi tersebut akan menyebabkan sendi tertekan sehingga muncul rasa sakit.

Meskipun begitu, ada baiknya jika kamu tetap memperhatikan beberapa kondisi saat akan melakukan kegiatan ini, antara lain:

  • Kondisi tubuh sedang sehat atau tidak
  • Suhu udara pada malam hari

Jika tubuh sedang tidak fit atau suhu udara sedang dingin sementara kamu harus mandi, maka gunakanlah air hangat. Memaksakan diri menggunakan air dingin akan memperparah kondisimu dan berisiko menyebabkanmu mengalami hipotermia. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *