Cara Merawat Bayi Prematur guna Mendukung Perkembangannya

Untuk membantu masalah tumbuh kembang bayi prematur yakni dengan merawatnya dengan baik. Anda harus fokus pada nutrisi yang baik, dan bersabar pada setiap tahapan perkembangan bayi Anda. Bayi yang lahir prematur umumnya mencapai tahap perkembangan yang sama seperti bayi yang lahir normal meskipun mungkin perkembangannya sedikit lebih lambat.bayi prematur

Bayi yang lahir premature umumnya membutuhkan kehangatan, ketenangan, kenyamanan, dan nutrisi yang lebih untuk mendukung perkembangannya. Anda juga tak perlu khawatir karena Anda terlambat memulai ikatan dengan bayi Anda. Sebab Kamu melahirkan melalui proses cesar, sehingga setelah lahir Anda tidak dapat memeluknya secara langsung. Ikatan antara ibu dan bayi dapat dimulai kapan saja dan dari waktu ke waktu, tidak hanya pada menit pertama setelah kelahiran.

Perlu diketahui bahwa, tahapan perkembangan bayi dan kedekatan ibu dengan anak bukanlah suatu perlombaan. Si kecil akan mencapai tahap pertumbuhan dan ikatan khusus dengan Ibu ketika dia siap. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Anda dari awal dan menyediakan semua yang diperlukan untuk tahap perkembangan anak supaya terhindar dari bahaya terlahir premature.

  • Jangan takut bertanya

Jika Anda khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orangtua merasa seperti ini ketika membawa pulang bayi prematur mereka. Kumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan (dan tingkatkan kepercayaan diri Anda). Pastikan untuk mencari saran medis tentang perkembangan yang masih tergolong normal (gerakan menyentak si kecil, misalnya) dan bagaimana menenangkan tangisannya dan menjaga dia dalam perawatan selama waktu-waktu ini.

  • Merangkul si kecil seperti gaya kanguru

Lakukan sentuhan kulit dengan anak, di mana ia hanya memakai popok dan topi dan meletakkannya di payudara Anda. Cara merawat bayi seperti ini, dapat membantu mengatur suhu tubuh bayi, aliran pernapasan bayi, dan denyut jantung bayi yang baru lahir premature. Semuanya itu akan mendukung perkembangan otak bayi agar berkembang secara sehat. Ketika melakukan metode ini, bayi prematur umumnya akan bertambah berat badannya, kurang menangis, dan menyusui lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *