bayi tidur

Waspadai Mitos Merawat Bayi Berikut Ini

Merawat bayi bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi orangtua yang baru saja memiliki anak pertama. Terkadang mereka bahkan membutuhkan bantuan orangtuanya karena dianggap lebih berpengalaman atau jasa perawat profesional pada bulan awal setelah melahirkan untuk membantu mengetahui cara perawatan bayi yang benar.

Namun sayangnya, karena ketidaktahuan para orangtua baru, banyak dari mereka yang kemudian merawat bayinya sesuai dengan kepercayaan turun temurun. Memang ada beberapa yang mungkin benar, tetapi Anda juga wajib waspada karena ternyata beberapa di antaranya hanya mitos dan justru bisa berbahaya bagi perkembangan bayi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Bedong

Bedong merupakan hal yang seolah wajib digunakan pada bayi baru lahir. Alasannya karena untuk mencegah tulang kaki bayi menjadi bengkok. Namun ternyata, pemakaian bedong justru berisiko membuat bayi cedera apalagi jika terlalu kencang. Sebab bayi yang ingin bergerak akan terus berusaha melepaskan diri dari bedong yang mengikatnya. Bedong hanya boleh digunakan saat udara dingin agar bayi merasa hangat dan tidak boleh terlalu kencang. Mengenai bentuk kaki bayi, secara otomatis kakinya akan lurus meskipun tanpa dibedong kecuali jika bayi memang memiliki masalah kesehatan.

  • Gurita bayi

Sama halnya dengan bedong, bayi juga tidak boleh dipakaikan gurita bayi karena organ tubuh bayi masih butuh berkembang. Jika Anda ingin menggunakan gurita agar bayi merasa hangat, maka pastikan pemasangannya tidak terlalu kuat sehingga tidak menghalangi perkembangan organnya.

  • Potong kuku

Banyak orangtua yang memercayai bahwa bayi tidak boleh dipotong kukunya hingga berusia 40 hari. Alasannya karena memotong kuku pada usia terlalu kecil bisa membuatnya terluka. Padahal jika kuku bayi semakin panjang maka dapat berisiko melukai kulitnya bahkan matanya saat bayi menggaruk area wajah.

  • Minum kopi

Banyak orangtua yang percaya bahwa memberikan kopi dalam jumlah sedikit untuk menguatkan jantungnya. Bahkan jika bayi kejang, maka meminumkan kopi dapat membantu kejang berhenti. Padahal hal ini justru sangat berbahaya. Kopi mengandung kafein yang dapat membuat detak jantung bayi sangat cepat melebihi normal. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan bayi Anda.

  • Menggendong bayi

Banyak orangtua yang menolak untuk sering menggendong bayinya karena takut akan membuatnya bau tangan dan merepotkan. Apalagi untuk orangtua yang keduanya sama-sama bekerja. Padahal hingga usia 6 bulan, bayi masih membutuhkan rasa aman yang harus diberikan oleh orangtuanya, salah satunya dengan memberinya pelukan.

  • Memberikan makan

Banyak orangtua dulu yang menganggap bahwa memberikan makanan lembut pada bayi sebelum berusia 6 bulan boleh dilakukan. Salah satu makanan yang umum diberikan adalah pisang. Padahal hal ini sangat salah dan bisa berbahaya. Sebab, pencernaan bayi belum terbentuk sempurna. Pada usia kurang dari 6 bulan, bayi hanya boleh mengonsumsi ASI demi kesehatannya.

Dari semua mitos di atas, apakah ada yang Anda percayai dalam merawat bayi Anda? Jika iya, yuk mulai ubah kebiasaan tersebut demi kesehatan bayi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *