Waspada Gangguan Kesehatan Bayi Baru Lahir

Siapa sih pasangan suami istri yang tidak merasa bahagian ketika mendengar kabar kehamilan? Pasti ketika berita tersebut datang, Anda dan pasangan akan langsung berusaha menjaga kehamilan agar semua prosesnya berjalan lancar. Dari mulai mengonsumsi vitamin, melakukan pemeriksaan medical check up lengkap, dan sebagainya. Tujuannya agar dapat melahirkan secara normal dan pastinya bayi yang dilahirkan juga dalam kondisi sehat.

Namun, setelah bayi lahir dalam kondisi sehat, bukan berarti Anda kemudian menjadi lengah dan mengurangi perhatian yang ditujukan pada sang buah hati terkait kesehatannya. Sebab, ada beberapa masalah kesehatan yang umum menyerang bayi beberapa waktu setelah dilahirkan, yaitu:

  • Kuning

Melansir dari situs hellosehat, penyakit kuning ikterus adalah hal yang wajar dalam kondisi tertentu. Sebab, ketika baru dilahirkan bayi akan melepaskan pigmen empedu yang menyebabkan warna kulit menguning. Biasanya terjadi pada hari ke 4 hingga 5 dan berakhir saat hari ke 9 atau 10. Namun bisa berlangsung lebih lama untuk bayi prematur. Akan tetapi, jika menguningnya kulit bayi ini berlebihan, melebihi periode tersebut, atau Anda merasa khawatir dengan kondisi bayi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Plagiocephaly

Plagiochepaly merupakan kondisi di mana kepala bayi memiliki area datar yang tidak normal. Aibatnya, bentuk kepala bayi akan berbeda dari kondisi lain atau tidak bulat sepenuhnya. Hal ini bisa terjadi sejak sang buah hati masih dalam kandungan, tetapi bisa juga setelahnya. Salah satu penyebabnya yaitu posisi tidur yang sama dalam jangka waktu lama sehingga tulang bayi yang masih lunak membentuk pola untuk menyesuaikan posisi tidur tersebut.

  • Penurunan berat badan

Beberapa hari setelah bayi dilahirkan, Anda mungkin menemukan berat badannya menurun. Biasanya terjadi sekitar hari ke 3 atau 4. Jangan terlalu khawatir jika anak Anda mengalaminya, karena  ini adalah hal yang wajar. Tetap terus berikan ASI padanya dan berat badannya semakin lama akan kembali normal. Kecuali, jika berat badan menurun drastis, maka segera periksakan ke dokter.

  • Kolik

Kolik adalah kondisi di mana bayi menangis hingga berjam-jam tanpa ada penyebab yang jelas. Biasanya tangisan bayi dimulai saat malam hari ketika orang tua sudah lelah beraktivitas seharian. Itulah sebabnya, orang tua yang memiliki bayi dengan kondisi ini sering kali mengalami tekanan. Terlenih lagi tidak ada yang tahu penyebabnya dan tangisan bayi tersebut benar-benar terdengar seperti sedang kesakitan. Ketika hal ini terjadi pada bayi Anda, segera konsultasikan pada dokter.

Semoga Anda yang saat ini sedang menunggu kelahiran sang buah hati bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan di atas, ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *