kakak adik

5 Mitos Bayi yang Sebaiknya Anda Ketahui

Merawat bayi bukan hal yang mudah. Memang terlihat sederhana, tetapi kenyataannya lebih rumit dari itu. Itulah sebabnya, beberapa orangtua yang masih belum yakin dan merasa masih butuh belajar banyak yang menggunakan jasa baby sitter untuk membantu mereka merawat bayi baru mereka.

Namun, banyak juga yang memutuskan untuk merawat bayinya sendiri dengan mencari informasi cara merawat bayi melalui interneet. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi jangan lupa bahwa tidak semua informasi yang Anda baca itu benar. Anda harus mewaspadai beberapa hal yang sebenarnya hanya mitos, seperti 5 hal berikut ini yang dirangkum dari situs aarp.org dan pregnancybirthbaby.org.au:

  • Sering menggendong bayi jadi bau tangan

Banyak orang bilang agar Anda tidak sering menggendong bayi karena nanti bayi akan menjadi manja dan hanya mau tidur jika digendong. Kenyataannya, menggendong dan memeluk bayi justru berdampak positif bagi tumbuh kembangnya. Sebab mereka akan merasa lebih nyaman dan terlindungi.

  • Bayi harus dimandikan setiap hari

Hal ini sebenarnya tergantung pada kondisi bayi dan juga suhu tempat Anda tinggal. Ada bayi yang merasa nyaman saat dimandikan sehingga hal ini mungkin tidak masalah. Namun jika bayi Anda justru merasa tidak nyaman, maka ada baiknya jika menghindari hal ini. Yang perlu Anda ingat, tidak mandi bukan berarti Anda mengabaikan kebersihannya. Anda tetap harus menjaga kebersihannya tetapi cukup dengan mengelap bagian tubuhnya dan kemudian mengeringkannya.

  • Bayi tidak boleh tidur satu kamar dengan orangtua

Banyak orang yang bilang bahwa bayi tidak boleh tidur satu kamar dengan orangtua dan harus memiliki kamarnya sendiri. Namun hal ini salah besar terutama untuk bayi di usia 6 bulan pertamanya. Sebab pada masa ini bayi sangat membutuhkan perhatian orangtua dan sering rewel sewaktu-waktu. Jika bayi tidur di kamar terpisah dan Anda tidak mendengar ketika bayi menangis, hal ini akan sangat berbahaya.

  • Suasana harus tenang saat bayi tidur

“Ssst, tenang. Ada bayi yang tidur!”. Mungkin Anda pernah mendengarnya. Padahal sebenarnya, bayi sudah terbiasa tidur di lingkungan yang cukup berisik saat masih berada dalam kandungan. Jadi ketika Anda menidurkan bayi di ruangan yang sangat tenang hal ini justru akan membuat bayi merasa berada di lingkungan yang asing.

  • Ibu adalah perawat bayi yang terbaik

Bayi memang masih sangat membutuhkan ibunya, tetapi merawat bayi perlu peran aktif sang ayah juga. Jadi dibutuhkan kerja sama yang baik dari kedua orangtuanya agar anak mendapatkan perawatan secara maksimal.

Masih banyak mitos lain seputar perawatan bayi yang perlu Anda ketahui jika ingin merawat bayi dengan baik. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *