kucing di mobil

Cara Aman Berkendara dengan Hewan Peliharaan

Human error akibat hilangnya konsentrasi menjadi salah satu penyebab dari banyaknya kecelakaan yang terjadi. Sayangnya, banyak orang yang masih mengabaikan masalah ini dan tidak menganggapnya serius. Padahal kecelakaan yang terjadi bisa sangat fatal hingga menyebabkan korban jiwa. Atau, sekecil-kecilnya dampak kecelakaan tetap saja akan menyebabkan adanya kerusakan hingga kamu harus memanfaaatkan asuransi mobil terbaik yang melindungi kendaraanmu untuk biaya perbaikan.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kehilangan konsentrasi saat berkendara, salah satunya adalah keadaan di dalam mobil. Misalnya saja untuk kamu yang suka mengajak hewan peliharaanmu bepergian dengan mobil. Keberadaan hewan ini bisa menjadi salah satu penyebabmu kehilangan konsentrasi hingga meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan.

Tapi tenang, ada kok cara aman untuk kamu jika ingin membawa hewan kesayanganmu di dalam mobil, yaitu:

  • Biarkan hewan tetap di bangku belakang

Jangan pernah sekalipun mendudukkan hewan di bangku penumpang bagian depan. Meskipun hewan kesayanganmu tersebut sudah terlatih, hal ini tetaplah berisiko. Sebab hewan adalah makhluk hidup yang akan bertindak sesuai dengan instingnya. Jadi tidak menutup kemungkinan kesayanganmu tersebut akan melakukan sesuatu secara tiba-tiba yang akhirnya membahayakanmu.

  • Jangan pergi sendirian

Jangan pernah pergi sendirian saat membawa hewan kesayanganmu walaupun kamu mendudukkannya di bangku belakang. Alasannya sama seperti poin pertama, untuk mencegah hewan kesayanganmu melakukan tindakan apapun yang membahayakan. Tidak hanya itu, dengan membawa orang lain bersamamu juga akan membuat keamanan hewanmu lebih terjaga dari berbagai risiko yang mungkin terjadi dan tanpa sengaja membahayakan hewannya.

  • Gunakan kandang atau pet carrier

Jika kamu membawa kesayanganmu dengan tujuan mengajaknya ke suatu tempat, seperti taman untuk berjalan-jalan atau klinik untuk pemeriksaan rutin, sangat disarankan menggunakan kandang atau pet carrier. Namun ada baiknya kamu menyesuaikan ukuran kandang dengan hwanmu, terutama untuk perjalanan jauh. Jangan sampai hewanmu merasa tersiksa karena area geraknya yang terlalu sempit.

Jika dalam perjalanan hewan kesayanganmu menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman atau sejenisnya, segera hentikan kendaraan dan coba lakukan pengecekan. Jangan pernah mengurus kesayanganmu tersebut sambil berkendara karena sangat berbahaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *