Standarisasi Pipa PVC yang Ada di Indonesia

Macam Standarisasi Pipa PVC yang Ada di Indonesia

Setiap rumah pastinya memiliki pipa-pipa yang dirangkai untuk dipakai sebagai saluran air. Entah air hujan atau air limbah, semuanya dialirkan ke tempat pembuangan melalui pipa PVC. Pipa PVC merupakan singkatan dari Pipa Poly Vinyl Chloride.

Jenis pipa ini adalah yang paling banyak dipakai. Selain tahan digunakan dalam jangka waktu yang lama, pipa PVC juga sudah memiliki bentuk pakem sehingga sangat mudah untuk dipasang. Di Indonesia, terdapat empat jenis standarisasi yang dipakai pada pipa PVC. Apa saja? Berikut penjelasannya.

SNI

SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah standar yang dimiliki oleh hampir seluruh barang di Indonesia. SNI dikeluarkan oleh sebuah panitia teknis dari BSN atau Badan Standar Nasional dengan otoritas terkait. Karena memiliki jangkauan nasional, sudah pasti standar yang dimiliki berlaku di seluruh Indonesia.

JIS

Di Indonesia, selain SNI, juga terdapat standarisasi yang disebut dengan JIS atau Japanese Industrial Standards. JIS diterapkan melihat latar belakang Jepang sebagai salah satu negara dengan tingkat industrial yang tinggi.

Pipa PVC RUCIKA Berstandard Jepang

JIS dikeluarkan oleh Asosiasi Standar Jepang atau Japanese Industrial Standards Association. Untuk memudahkan jalur koordinasi, JIS diatur oleh Komite Standar Industri Jepang.

BS

Selanjutnya, juga terdapat BS atau British Standards. BS sendiri sudah terbit sejak tahun 1901. Kehadiran BS lebih mengatur pada bagian kualitas, rekayasa, keamanan, serta keselamatan. BS mengatur kegiatan industri yang berada di luar kerajaan Inggris dan daerah persemakmuran lainnya.

ASTM

Pada tahun 1898, para ilmuwan Amerika Serikat membuat sebuah sistem standarisasi yang disebut dengan American Society for Testing and Material atau ASTM. ASTM hadir diawali untuk menguji kualitas rel kereta api karena perindustrian kereta api sedang berkembang pesat pada saat itu.

Dengan mengetahui empat jenis standarisasi yang telah dijelaskan, kamu menjadi lebih mudah untuk mengetahui kualitas pipa PVC yang akan kamu beli. Jika pipa yang akan kamu beli tidak memiliki salah satu dari empat standarisasi di atas, kamu perlu mempertanyakan kualitasnya. Jangan sampai kamu rugi karena membeli pipa yang tidak memenuhi standar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *