menyalakan AC

Agar AC Hemat Listrik, Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

Penggunaan AC baik AC sentral, AC Split Wall, AC Window, AC Standing Floor, dan jenis lainnya memang sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak dapat dihindari oleh masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Tentu, bukan tanpa sebab, AC berfungsi sebagai media pendingin dan penyejuk ruangan karena itu penggunaannya sangat dibutuhkan. Meski demikian, sayangnya, menggunakan AC dalam ruangan dianggap menjadi salah satu pemicu naiknya tagihan listrik di rumah.

Padahal, tidak selamanya penggunaan AC dapat menaikkan harga listrik. Mungkin, beberapa kesalahan ini adalah penyebab utamanya: (source: liputan6.com)

  1. Tirai jendela rumah dibiarkan terbuka. Suka lupa menutup tirai jendela padahal AC dalam keadaan menyala? Melakukan hal ini tentu tidak dibenarkan karena membiarkan tirai jendela terbuka dengan kondisi AC menyala malah dapat mengganggu kinerja AC tersebut. Ini terjadi karena kompresor AC bekerja lebih ekstra daripada biasanya sehingga ini bisa memicu melonjaknya tagihan listrik di rumah. Baiknya tutup selalu tirai jendela rumah terutama di siang hari agar penggunaan AC menjadi lebih optimal.
  2. Pintu rumah tidak ditutup. Tak hanya tirai, terkadang banyak pengguna yang lupa menutup pintu rumah mereka ketika AC sedang menyala. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan naiknya tagihan listrik. Penyebabnya karena kompresor AC bekerja secara terus menerus agar suhu ruangan sama dengan suhu remote Jika kondisi ini dibiarkan, tentunya malah membuat AC menjadi lebih cepat rusak dan tonggakan listrik semakin meningkat karena itu sebaiknya tutup semua pintu ketika menyalakan AC.
  3. Suhu AC di bawah 220 Celcius. Agar ruangan di rumah menjadi lebih cepat dingin, banyak di antara pengguna yang mengatur suhu remote AC pada suhu paling rendah seperti 160 Celcius ataupun 180 Padahal, mengatur suhu di bawah 220 Celcius malah dapat menyebabkan kompresor AC menjadi lebih pendek, yang mana kondisi seperti ini bisa menaikkan tagihan listrik. Untuk itu, aturlah suhu AC dengan suhu paling minimum agar tagihan listrik tidak melonjak dan AC pun menjadi lebih awet.
  4. Mode sleep sengaja dinyalakan. Saat malam hari, banyak pengguna yang sengaja menyalakan mode sleep pada AC mereka. Tentu saja, melakukan cara ini tidak dianjurkan karena pada malam hari suhu atmosfer turun secara alami. Selain itu, tubuh juga memiliki kemampuan dalam menolerir derajat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya pada malam hari atur AC dengan suhu 20 – 250 Celciys agar lebih hemat dalam penggunaan listrik.

Itu dia beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan agar tagihan listrik tidak melonjak tajam. –SH–

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *