Begini Cara Membersihkan Lem dari Permukaan Kaca

Banyak orang yang menggunakan kaca transparan dalam berbagai keperluan, seperti kacamata, jendela, akuarium, dan sebagainya. Pemilihan kaca transparan ini dianggap lebih menarik karena bersih dibandingkan dengan kaca yang berwarna. Tidak hanya itu, untuk orang yang kreatif, banyak juga yang suka berkreasi menggunakan kaca transparan dan lem kaca untuk membuat berbagai benda.

Namun, warnanya yang transparan pasti akan membuat kaca terlihat lebih kotor ketika ada sisa atau bekas lem di permukaan kaca. Misalnya karena tidak sengaja ada lem yang menetes di permukaan yang tidak seharusnya. Nah, jika kamu sedang mengalami hal ini tidak perlu panik. Sebab ternyata ada cara mudah membersihkan bekas lem di kaca tanpa merusak permukaan kaca tersebut.

Berikut ini adalah alat apa saja yang diperlukan:

  • Hairdryer
  • Agen pembersih (sabun cuci, minyak kayu putih, pembersih kutek, dan sebagainya)
  • Lap atau busa
  • Air hangat

Ada 2 cara yang bisa kamu coba lakukan dengan menggunakan alat dan bahan di atas, yaitu:

  • Cara pertama

Panaskan sisa lem yang sudah mengering tersebut menggunakan hairdryer. Caranya yaitu dengan mengarahkan hairdryer selama beberapa menit pada permukaan kaca yang terkena lem. Setelah lem mulai panas dan mencair, maka kamu bisa mulau mengelap permukaan kaca dengan busa atau kain lap.

  • Cara kedua

Semprotkan agen pembersih pada permukaan kaca yang terkena lem. Diamkan selama beberapa saat hingga agen pembersih tersebut benar-benar meresap ke lem yang ada di permukaan kaca. Setelah itu gosok permukaan kaca dengan sabut baja dan kemudian lap dengan busa atau lap bersih.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan lem pada permukaan kaca adalah pastikan bahwa agen pembersih hanya digunakan pada area yang mengandung lem saja. Sebab ada beberapa agen pembersih yang memiliki sifat keras dan dapat merusak permukaan kaca. Selain itu, sifat dari setiap lem berbeda. Pastikan kamu memahami sifat dari lem yang ada pada permukaan kaca tersebut untuk tahu cara membersihkan yang paling tepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *