bitcoin

Mau Berinvestasi di Cryptocurrency? Ketahui Dahulu Istilah Ini!

Setelah mencari tahu informasi seputar faktor yang menentukan harga crypto juga cara bermain crypto, kamu yang tertarik berinvestasi pada cryptocurrency harus memahami istilah-istilah penting yang terdapat pada uang digital ini. Dengan memahami istilah-istilah berikut, kamu dapat memahami crypto lebih baik dan meminimalisir terjadinya kesalahan setelah terjun ke dalamnya.

Lantas, apa saja istilah yang harus dipahami jika mau berinvestasi di cryptocurrency? Yuk, simak pembahasannya!

  1. FOMO

Disitat dari finansial.bisnis.com, FOMO (Fear of Missing Out) merupakan istilah yang ditujukan untuk para investor pemula, yang baru terjun ke dunia investasi, termasuk crypto. Istilah ini sering kali digunakan oleh pemula yang merasa takut tertinggal peluang sehingga mereka meminta saran pada orang lain maupun senior yang lebih dahulu terjun ke dunia investasi.

  1. Pump and Dump

Pump artinya membeli dan dump menjual. Biasanya, aktivitas ini sering kali dimanfaatkan oleh investor besar yang memiliki banyak koin. Contoh umumnya ialah saat kondisi pasar sedang tidak stabil karena semua berlomba-lomba membeli koin, lalu investor besar tersebut melakukan dump pada koin miliknya sehingga membuat harga menjadi anjlok. Meski cara ini menguntungkan, namun dampaknya bisa merugikan investor kecil yang membeli koin dalam jumlah sedikit.

  1. Whale

Istilah whale biasanya diperuntukkan bagi investor besar. Para investor ini memiliki minimal 5% dari seluruh aset digital yang disimpan di pasar aset crypto. Dengan jumlah terbilang cukup besar ini, investor tersebut bisa menjadi penggerak pasar.

Namun, perlu diperhatikan, setiap keputusan yang diambil saat menjual maupun membeli koin bisa memengaruhi volatilitas nilai dari aset crypto sehingga harus dilakukan dengan matang.

  1. HODL

Hodl (Hold On for Dear Life) diumpakan sebagai istilah tak formal yang cukup penting dalam cryptocurrency karena digambarkan sebagai pendirian untuk tetap berinvestasi meski harga pasar sedang turun. Istilah Hodl sendiri merupakan anagram dari Hold yang artinya menggenggam atau memegang. Terjadinya perubahan penulisan ini bermula dari kekeliruan seorang pengguna forum Bitcoin bernama “GameKyuubi” yang menuliskan I am Hodling. Sejak saat itu, kata Hodl pun menjadi populer di kalangan komunitas crypto.

Selain keempat istilah di atas, masih ada istilah lainnya, seperti:

  • Software Wallet (tempat untuk menyimpan uang digital)
  • Rekt (seseorang yang mengalami kerugian finansial besar karena membuat keputusan investasi yang buruk)
  • FUD (Fear, Uncertainty, and Doubt) (strategi investor untuk menurunkan harga koin crypto supaya bisa mendapatkan harga murah)
  • Blockchain (teknologi yang digunakan untuk mengelola uang digital menggunakan keamanan sistem data)

Demikian beberapa istilah-istilah penting yang wajib dipahami jika berencana untuk berinvestasi di cryptocurrency.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *